Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanjung Gusta Ricuh, Dirjen Pemasyarakatan ke Medan

Kompas.com - 11/07/2013, 21:20 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sueb, terbang ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Medan, Sumatera Utara, untuk meninjau langsung kericuhan yang terjadi di lapas berkapasitas 2.400 narapidana tersebut.

Kericuhan yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, Kamis (11/7/2013), ini berujung kaburnya 150 narapidana. "Saat ini, Bapak Dirjen bersama tim sedang meluncur ke Medan," kata Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Akbar Hadi melalui pesan singkat.

Akbar juga mengungkapkan, Kepala Lapas Klas I Medan, Muji Raharjo, telah berkoordinasi dengan petugas keamanan setempat dalam mengatasi kericuhan ini.

Menurut Akbar, sebagian narapidana melakukan pembakaran gedung-gedung perkantoran. Akbar juga mengungkapkan, sebanyak 15 petugas lapas sempat disandera.

Namun, sekitar pukul 20.30 WIB, para petugas yang disandera tersebut berhasil diselamatkan. Hasil pemeriksaan sementara, katanya, kerusuhan disebabkan pemadaman lampu dan matinya air sejak pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com