Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Persiapan KPU Sumba Timur Jelang Pemilu 2024, Siapkan 5.656 KPPS dan Aplikasi Identifikasi

Kompas.com - 21/09/2023, 12:17 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar serentak, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif untuk memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Setiap daerah juga tengah menyiapkan Pemilu Serentak 2024, salah satunya dilakukan KPU Sumba Timur

Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2024.

KPU Sumba Timur mempersiapkan SDM 5.656 orang untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berasal dari tujuh anggota KPPS dikali tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 808.

Kemudian, disiapkan pula dua pengaman untuk setiap 808 TPS atau berjumlah 1.616 orang.

“Tahapan pembentukannya akan dimulai pada Januari 2024,” katanya kepada Kompas.com, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Sumba Timur Kaya akan Potensi Wisata, Pemerintah Berdayakan Komunitas Lokal dan Pengembangan Berkelanjutan

Penguatan SDM tersebut ditujukan untuk kelancaran pemungutan dan penghitungan suara di 807 TPS regular dan 1 TPS khusus, yaitu lembaga pemasyarakatan. 

Oktavianus juga mengingatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai pembentuk KPPS mengidentifikasi sejak awal calon anggota PPS.

“Calon anggota PPS diutamakan yang mahir menggunakan aplikasi Android, minimal terdapat tiga orang, karena penggunaan aplikasi SIREKAP akan dilakukan pada hari H,” ujarnya.

Dia mengatakan, persiapan KPU Sumba Timur lainnya adalah melakukan pemetaan TPS, seperti titik koordinat semua TPS, keberadaan listrik dan sinyal, hingga pemetaan jalur transportasi logistik.

“Pada hari pelaksanaan, yakni 14 Februari 2024, yang diperkirakan terjadi pada puncak musim hujan, kami melakukan pemetaan jalur logistik, melakukan distribusi logistik mulai H-5 acara mulai dari tujuh kecamatan wilayah selatan, dan menyiapkan jalur alternatif jika isolasi geografis akibat banjir/terkepung banjir,” ujarnya.

Baca juga: NTT Darurat TPPO, Kapolres Sumba Timur Turun ke Jalan Sebar Pamflet

Untuk rekapitulasi penghitungan suara, KPU Sumba Timur menyiapkan posko logistik di kecamatan dan menguatkan pleno rekapitulasi secara paralel.

Terkait tahapan pencalonan DPRD Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sejak April 2023 dan akan dilakukan hingga 4 November 2023. 

Pedaftaran (caleg) pada 1 Mei 2023 di Sumba Timur diikuti 17 partai politik (parpol) dan diikuti 479 orang.

Jumlah daftar calon sementara (DCS) caleg di Sumba Timur sebanyak 412 orang, yakni 272 laki-laki dan 140 orang perempuan. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com