Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bobby Nasution Sumbang Rp 10 Juta per Bulan untuk Tambahan Gaji Imam dan Muazin Mesjid Al Buchori

Kompas.com - 09/09/2023, 17:33 WIB
Agung Dwi E

Penulis

KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution secara spontan menyatakan akan memberikan sumbangan berupa uang senilai Rp 10 juta per bulan untuk tambahan gaji imam dan muazin Masjid Al Buchori. Sumbangan akan diberikan sampai akhir 2023.

"Kalau boleh, atas izin Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM), imam dan muazin, sampai akhir tahun ini, gajinya saya tambahin. Nanti sampai Desember 2023, per bulan akan dikasih Rp 10 juta," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika Safari Jumat di Masjid Al Buchori, Jalan Eka Rasmi, Kecamatan Medan Johor, Medan, Sumatera Utara, Jumat (8/9/2023).

Bobby mengatakan, niat baik tersebut berawal saat ia melihat imam Masjid Al Buchori yang memimpin salat Jumat berusia muda dan sudah hafiz Al Quran.

Usai salat, Bobby menanyakan kepada Ketua BKM Mesjid Al Buchori H Adibyo perihal status imam tersebut. Ketua BKM menjawab bahwa imam tersebut merupakan imam tetap Masjid Al Buchori dan disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

"Alhamdulillah, ternyata imam tetap. Luar biasa sekali, hafiz Quran juga dan masih muda. Muazin juga masih muda,” tutur Bobby seperti dikutip Kompas.com dalam siaran pers Pemkot Medan, Sabtu (9/9/2023).

Baca juga: Medan Terpilih Jadi Kota Pembangunan BRT, Bobby Nasution: Kami Sangat Berterima Kasih

Melihat hal tersebut, Bobby pun teringat saat mendengarkan ceramah ustaz di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta. Ketika itu, ustaz menanyakan kepada BKM terkait gaji imam masjid setiap bulan. Sang ustaz pun berpesan kepada jemaah masjid untuk jangan menghargai hafalan Al Quran lebih rendah daripada satpam yang menjaga mal.

"Inisiasi ini bukan karena sesuatu hal, tapi untuk memotivasi imam masjid dan muazin. Sebab, mereka sangat berperan bagi keberlangsungan ibadah di masjid," ujar Bobby Nasution yang hadir didampingi asisten dan segenap pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan.

Selain memberikan sumbangan, Bobby juga menyampaikan niatnya untuk memberikan bantuan pembangunan rumah mualaf jika BKM masjid berkenan menyediakan lahan. Rumah mualaf akan dimanfaatkan untuk mualaf karena mereka merupakan tanggung jawab kita semua umat Islam.

"Saya punya nazar untuk membangun rumah mualaf, tapi saya ingin rumah mualaf itu berada di masjid. Kalau BKM Masjid Al Buchori mau, nanti saya yang bangun rumah mualaf di lahan masjid ini," tutur Bobby.

Bobby menambahkan, Pemkot Medan melakukan Safari Jumat selain bersilaturahmi juga bertujuan untuk memberikan informasi terkait program Masjid Mandiri. Program ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi masjid seperti zaman Rasulullah.

Di zaman itu, selain tempat ibadah, masjid juga menjadi tempat peradaban umat Islam untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan perkembangan ekonomi umat.

"Dalam program Masjid Mandiri, semua sisi kehidupan kita itu berawal di masjid. Baik beribadah, mendapatkan ilmu pengetahuan, maupun perkembangan ekonomi umat semuanya (dilakukan) di masjid. Selain itu, melalui Masjid Mandiri, kita membentengi iman generasi muda dengan program di dalamnya," tuturnya.

Baca juga: Medan Jadi Contoh Pelaksanaan PTSL, Menteri ATR/Kepala BPN: Terima Kasih Bobby Nasution

Imam Masjid Al Buchori, Muhammad Fadlan (22), mengaku bersyukur atas sumbangan dari Bobby untuk tambahan gajinya sebagai imam. Fadlan mengatakan, selama menjadi imam dari awal 2023, dirinya diberikan uang senilai Rp 2,5 juta oleh BKM setiap bulan.

"Saya sangat bersyukur, terima kasih kepada Pak Wali Kota yang akan memberikan bantuan untuk tambahan pendapatan. Uang tersebut akan saya gunakan sebaik-baiknya untuk biaya kehidupan dan kuliah saya," ujarnya.

Fadlan menambahkan, dirinya menghafal Al Quran sejak umur 19 tahun setelah tamat dari sekolah aliyah.

"Alhamdulillah, saat ini sudah hafal 30 juz Al Quran," ujarnya.

Dalam Safari Jumat, Bobby juga memberikan bantuan senilai Rp 50 juta untuk pembangunan Masjid Al Buchori yang diterima Ketua BKM Masjid Al Buchori.

Selain itu, Bobby juga memberikan bantuan sosial senilai Rp 10 juta, akte pendirian koperasi, dua unit gerobak usaha, satu set meja tenis, serta rak buku lengkap dengan buku bacaannya untuk Masjid Al Buchori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com