Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemprov Sumsel Dukung Kerja Sama Pemkot Prabumulih dan LPN Malaysia untuk Hilirisasi Komoditas Nanas

Kompas.com - 09/09/2023, 11:11 WIB
Inang Sh ,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel) Supriono menyambut baik kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dan Lembaga Perindustrian Nanas (LPN) Malaysia terkait hilirisasi komoditas nanas.

“Semoga akan menjadi kerja sama yang saling menguntungkan," katanya saat menerima audiensi jajaran Pengarah Pembangunan (LPN) Malaysia dalam rangka  peninjauan lapangan Industri Hilirisasi Nanas di Kota Prabumulih, Jumat (8/9/2023).

Supriono mengatakan, komoditas nanas di Sumsel sangat menjanjikan karena dapat tumbuh subur, meski menjadi tanaman sela. 

Oleh karena itu, dia menilai, keputusan LPN Malaysia bekerja sama dengan Pemkot Prabumulih terkait hilirisasi komoditas nanas sangat tepat.

"Tanaman nanas merupakan komoditas yang sangat menjanjikan untuk digarap hingga hilirisasi. Oleh karena itu, kami sangat senang jika LPN Malaysia ingin bekerja sama," ujarnya dalam siaran pers.

Baca juga: Lewat Seminar Penataan Ruang, Pemprov Sumsel Dorong Pembangunan Tata Ruang Berkualitas

Supriono berharap, kerja sama tersebut dapat dikembangkan lagi dan tidak hanya terbatas pada sektor hilirisasi saja.

"Mungkin ke depan, kami harap kerja sama ini tidak hanya cukup di sini saja, tetapi bisa diperluas di sektor lain, mungkin fesyen industri lainnya,” harapnya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel) Supriono saat menerima audiensi jajaran Pengarah Pembangunan (LPN) Malaysia dalam rangka  peninjauan lapangan Industri Hilirisasi Nanas di Kota Prabumulih, Jumat (8/9/2023).
DOK. Humas Pemprov Sumsel Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel) Supriono saat menerima audiensi jajaran Pengarah Pembangunan (LPN) Malaysia dalam rangka peninjauan lapangan Industri Hilirisasi Nanas di Kota Prabumulih, Jumat (8/9/2023).

Sementara itu, perwakilan LPN Malaysia Sheik Umar bin Baghari Ali mengatakan, tujuan kunjungan ke Sumsel untuk belajar budi daya dan pemanfaatan nanas, khususnya pembuatan benang dari serat nanas.

"Kami merasakan potensi yang sangat besar di Sumsel, khususnya Prabumulih. Nanti kami akan lihat dari segi bahan mentahnya. Semoga memberikan kebaikan bagi kedua belah pihak,” ujarnya. 

Sheik mengatakan, pihaknya tertarik untuk memahami dan mengetahui cara serat nanas dapat menjadi benang.

Dia mengatakan, pihaknya memilih kunjungan ke Kota Prabumulih karena pengelolaan nanas di Indonesia banyak terpusat di sana.

Baca juga: Audiensi dengan Pupuk Indonesia, Herman Deru: Kuota Pupuk di Sumsel Cukup, tetapi Petani Masih Kekurangan

"Kami melakukan kunjungan agar bisa belajar dengan terperinci lagi untuk melihat apakah prospek-prospek yang ada untuk industri nanas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com