Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Gelar Expedisi Birokrasi Berdampak

Kompas.com - 27/08/2023, 21:30 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Banten Selatan pada Sabtu (26/8/2023) dan Minggu (27/8/2023). Kunjungan ini bertajuk “Expedisi Birokrasi Berdampak”.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar mengingatkan seluruh pejabat yang hadir agar bisa melaksanakan tugas birokrasi yang berdampak.

“Dengan birokrasi, negara harus hadir di tengah masyarakat. Oleh karena itu, saya namai kegiatan itu Expedisi Birokrasi Berdampak. Insya Allah akan terus dilakukan,” ungkap Al Muktabar dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/8/2023).

Kegiatan tersebut dimulai pada Sabtu. Pada hari pertama pelaksanaan, Al Muktabar beserta rombongan menyusuri jalan Tol Rangkasbitung, Cileles, Gunung Kencana dan Bayah. Al Muktabar berdialog dengan beberapa tokoh Banten Selatan sesampainya di Bayah.

Baca juga: Jabat Pj Gubernur Banten, Al Muktabar Rangkap Jabatan Jadi Sekda

Selanjutnya, Al Muktabar yang merupakan mantan Direktur Centre on Integrated Rural Development for Asia and The Pacific (CIRDAP) melanjutkan perjalanan dengan mendatangi kegiatan Seren Taun Kasepuhan Cisungsang pada Minggu.

Pada acara tersebut, Al Muktabar disambut ribuan masyarakat kasepuhan dari berbagai desa yang telah berkumpul di Kawasan Kasepuhan Adat Cisungsang. Al Muktabar yang ditemani oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti dan dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi diiringi parade budaya khas Cisungsang.

Sampai di Imah Gede Kasepuhan Cisungsang, Mantan Ketua Ikatan Widyasawara tersebut disambut Ketua Tokoh Adat Kasepuhan Cisungsang Abah Usep Suyatma Sr. Kemudian Al Muktabar mengikuti rangkaian tradisi Seren Taun dan melihat Kaolotan melakukan ritual dengan memasukan padi sebagai simbol hasil bumi kepada Leuit Adat.

Usai ritual Seren Taun, kemudian digelar Saresehan dengan masyarakat adat di Bale Riung. Kepada ribuan masyarakat, Al Muktabar mengenalkan seluruh Kepala OPD yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar memberikan bantuan dari berbagai OPD berupa uang tunai, bibit jahe merah, bantuan becak motor, ternak domba, dan pembangunan masjid.

Masjid Al Muktabar

Abah Usep yang hadir dalam ritual adat dan seserahan menerima secara simbolis bantuan tersebut. Ia memberikan apresiasi kepada Pj Gubernur Banten yang peduli terhadap Kasepuhan Adat Cisungsang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pj Gubernur Banten yang peduli. Kami berharap, pemerintah bisa memikirkan kebutuhan air di lingkungan adat Cisungsang,” ungkap Abah Usep.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar. DOK. Pemprov Banten. Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Usai upacara adat digelar, rombongan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Muktabar.

“Masjid itu kami beri nama Masjid Al Muktabar. Alasannya, masyarakat ingin mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Banten yang telah mewujudkan keinginan masyarakat,” katanya.

Pj Sekretaris Daerah Banten Virgojanti menguraikan selain memberikan bantuan kepada Kasepuhan Cisungsang Kegiatan Ekspedisi ini adalah memberikan bantuan kepada masyarakat Cicarucub, Kecamatan Cibeber.

Baca juga: Pemprov Banten Segera Ikuti Jejak Jakarta, Terapkan WFH untuk Sebagian ASN

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Banten juga menekankan pentingnya negara hadir dalam menunjang fasilitas kesehatan, ketersediaan pangan dan fasilitas pendidikan.

Pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi dengan meninjau pembangunan rumah sakit di Kecamatan Cilograng, Drainase di Kecamatan Bayah, serta peninjauan jalan kabupaten yang telah diambil alih oleh provinsi.

“Sesuai arahan Pj Gubernur Banten, kami seluruh OPD bekerja sama dan solid untuk membantu masyarakat,” jelas Virgo. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com