Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Tamba Sebut Pameran IKM dan UMKM Jembrana 2023 sebagai Pelatihan Sambut “Jembrana Emas 2026”

Kompas.com - 15/08/2023, 10:09 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, pameran Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pesta Rakyat Jembrana 2023 merupakan bagian pelatihan bagi para pelaku usaha untuk menghadapi berbagai situasi ke depan dalam menyambut Jembrana Emas 2026.

Ia mengungkapkan bahwa pameran industri dan kerajinan selalu diselenggarakan setiap tahun, tepatnya pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-128 Kota Negara. Namun, pameran saat ini dikemas berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kami mengundang UMKM yang ada di Jembrana. Ini merupakan bagian pembelajaran bagaimana UMKM kami berlatih untuk menghadapi situasi-situasi ke depan dalam menyambut Jembrana Emas,” ucap Bupati Tamba.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka secara resmi pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana 2023 bersama Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna di Gedung Kesenian Bung Karno, Minggu (13/8/2023).

Baca juga: Kisah Hidup Auguste Soesastro dalam Pameran Tunggal 15 Tahun Kariernya

Dalam kesempatan itu, Bupati Tamba mengaku sangat bahagia dapat melaksanakan pameran IKM dan UMKM Jembrana.

Dirinya memaknai perayaan tersebut sebagai jalan pemerintahan dalam suka dan duka, serta mengapresiasi keberhasilan demi keberhasilan yang sudah dicapai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana.

“Hari ini, Minggu (13/8/2023), boleh sejenak istirahat untuk mengikuti berbagai kegiatan seni budaya yang kami miliki. Termasuk juga pameran hasil kerajinan dan UMKM kami di Jembrana ini,” ucap Bupati Tamba.

Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI. Adapun pameran tahun ini mengusung tema "Menuju Jembrana Emas 2026."

Baca juga: Tarik Minat Investor, Bupati Tamba Paparkan Potensi Jembrana di Hadapan Konsul Kehormatan Negara Sahabat

Masyarakat pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan berbondong-bondong mendatangi pembukaan pameran yang juga menyuguhkan penampilan penyanyi Bali hingga lokal.

Bupati Tamba mengaku bangga selama kepemimpinannya bersama Wabup Patriana Krisna selalu mendapatkan dukungan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta jajaran eksekutif dan legislatif.

“Tentunya kami selalu mendapatkan dukungan dari teman-teman eksekutif dan legislatif serta Forkopimda, juga masyarakat Jembrana yang saya banggakan. Suasana (terasa) beda sekali pada hari ini (pengunjung) tertib sekali. Semangatnya sama seperti kita untuk menuju Jembrana Emas 2026,” imbuhnya.

Bupati Tamba berharap, HUT ke-128 Kota Negara dimaknai sebagai langkah menuju Jembrana Emas 2026.

Baca juga: Ke Gubernur Se-ASEAN, Heru Budi Beberkan Jakarta Tetap Daerah Khusus Usai Tak Jadi Ibu Kota Negara

“Astungkara acara yang kami kemas berjalan dengan baik, masyarakat juga tertib dan juga sangat terhibur sekali. Mudah-mudahan ini sebagai berkah di ulang tahun kota negara menuju apa yang kita cita-citakan menjadi Jembrana Emas, dan menuju Jembrana bahagia bisa kita lalui dengan baik,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Perayaan pameran pada 2023, kata dia, sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-17.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com