Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Minahasa Utara Raih Peringkat III e-Purchasing Award 2023, Bupati Joune: Puji Tuhan!

Kompas.com - 03/08/2023, 15:23 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menerima penghargaan peringkat III untuk klaster Pemerintah Kabupaten (Pemkab) seluruh Indonesia dalam ajang e-Purchasing Award 2023.

Penghargaan tersebut diterima pada acara Temu Bisnis Tahap VI Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) di Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Bupati Minut Joune Ganda mengatakan, capaian tersebut merupakan bukti bahwa jajarannya mampu bekerja dengan baik untuk kepentingan masyarakat di Minut.

"Puji Tuhan! Memang tidak mudah, banyak menciptakan riak dan dinamika, tapi capaian ini membuktikan bahwa kita sebenarnya mampu bekerja untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu masyarakat, khususnya di Minut," ujarnya melalui pesan singkat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Ekosistem Digital, Solusi Tepat untuk Efisiensi Bisnis

Menurut Ganda, pembangunan ekosistem digital pada pengadaan barang dan jasa di wilayahnya memiliki pengaruh besar dalam menguatkan keseluruhan program pembangunan ekonomi lokal, baik melalui marketplace, e-commerce, dan e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Ia mengaku bahwa ekosistem digital pada pengadaan barang dan jasa di Minut sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang diterima oleh Pemkab Minut.

"Saya berharap hal ini bisa mendongkrak perekonomian lokal kami. Ekosistem sudah jelas, sekarang ini saya tinggal bangun rumah kurasi, fungsinya adalah untuk mengatasi masalah kualitas produk, ketersediaan barang (quantity), dan keberlanjutan proses produksi,” tutur Ganda.

Baca juga: Kemenkumham Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri di Kementerian dan Lembaga Negara

Selain rumah kurasi, lanjut dia, juga ada komunal branding dalam menjawab tantangan ketersediaan produk.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut dihadiri Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, serta Kepala LKPP-RI Hendrar Prihadi.

Kemudian, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo, dan seluruh kepala daerah (kades) se-Indonesia, pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pejabat pemerintah daerah (pemda), serta para pelaku usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com