Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lewat Sumsel Expo 2023, Herman Deru Promosikan Kekayaan dan Potensi Sumsel

Kompas.com - 28/07/2023, 18:18 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyelenggarakan Sumsel Expo 2023 selama tiga hari, dimulai sejak 25-27 Juli 2023 di Sleman City Hall (SCH), Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Event tahunan tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov Sumsel untuk mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya.

Sumsel Expo 2023 terselenggara atas kerja sama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumsel dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Sumsel Expo 2023 bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk dan jasa unggulan sekaligus memperkenalkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Sumsel kepada masyarakat luas.

Baca juga: Potensi Besar, ASEAN Didorong Perkuat Kerja Sama Kembangkan PLTS

Pernyataan tersebut disampaikan Herman Deru dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sumsel Darma Budhi. Dalam kesempatan ini, ia juga mewakili orang nomor satu di Sumsel itu untuk meresmikan pembukaan Sumsel Expo 2023 di Sleman City Hall (SCH), DIY, Selasa (25/7/2023).

Pembukaan Sumsel Expo 2023 di Sleman City Hall (SCH), Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

DOK. Humas Pemprov Sumsel Pembukaan Sumsel Expo 2023 di Sleman City Hall (SCH), Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Darma Budhi mengungkapkan bahwa kegiatan Sumsel Expo 2023 tidak hanya wadah untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk, tetapi juga menjadi momen penting dalam melanjutkan kerja sama yang telah dibangun pihaknya dengan Pemprov DIY.

“Kerja sama antara Pemprov Sumsel dan Pemprov DIY merupakan bukti nyata bahwa kolaborasi dan sinergi antar daerah adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Pemprov Sumsel berharap, pihaknya dan Pemprov DIY dapat saling mendukung dan memperkuat keunggulan produk dari masing-masing daerah melalui pagelaran Sumsel Expo 2023.

Melalui Sumsel Expo 2023, Pemprov Sumsel juga berharap UMKM bisa mendapat peluang baru, meningkatkan penjualan, dan memperluas jaringan bisnis.

Baca juga: Perluas Jaringan Bisnis Indonesia, KBRI Moskwa Bidik Pasar Belarus

Pasalnya, UMKM adalah tulang punggung ekonomi yang dapat meningkatkan perekonomian Provinsi Sumsel.

“Karena itu, kami berikan mereka (UMKM) platform yang kuat. (Dengan begitu) kami dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tutur Darma Budhi.

Gelaran Sumsel Expo 2023 beberapa waktu lalu telah mengundang antusias pengunjung yang ingin melihat berbagai produk unggulan UMKM di Provinsi Sumsel.

Adapun produk UMKM tersebut, mulai dari makanan, minuman, pakaian, aksesoris, hingga kain songket dan jumputan khas dari masing-masing daerah.

Baca juga: Mengenal Ragam Hias pada Kain Songket dan Kain Batik

Berbagai produk tersebut dipamerkan oleh kabupaten atau kota di bawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel, International Council for Small Business (ICSB), Kopi Sriwijaya, dan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel).

Selain itu, produk UMKM dari Provinsi DIY juga ikut meramaikan Sumsel Expo 2023.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com