Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Provinsi Riau Raih Penghargaan Provila pada KLA 2023

Kompas.com - 23/07/2023, 19:13 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Provinsi Riau meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2023 kategori Provinsi Layak Anak (Provila) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (22/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Syamsuar turut didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau Hj Fariza dan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya.

Syamsuar mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh KemenPPPA.

"Alhamdulillah, Riau menerima penghargaan Kategori Provila. Beberapa kabupaten atau kota di Riau juga mendapat penghargaan KLA. Kami harap, Riau bisa semakin layak anak serta aman dan nyaman bagi semua masyarakat. Untuk wilayah lain yang belum masuk kategori, semoga tahun depan bisa berhasil," ujar Syamsuar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Sementara itu, Bintang turut mengapresiasi para pemerintah daerah yang telah berupaya maksimal untuk menjadikan wilayahnya layak anak.

Menurutnya, upaya tersebut tidaklah mudah serta memerlukan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak.

Adapun pada Penghargaan KLA 2023, KemenPPPA tidak hanya memberikan penghargaan kepada gubernur dan bupati atau wali kota, tapi juga kepada aparat penegak hukum yang dianggap telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan wilayah yang layak anak.

“Penerima anugerah ditetapkan oleh tim independen yang terdiri dari para pakar di bidang anak dan melibatkan perguruan tinggi. Saya harap, di masa depan akan semakin banyak kabupaten atau kota dan provinsi yang layak anak. Anugerah yang diberikan KemenPPPA diharapkan juga bisa menjadi motivasi bagi daerah yang belum layak anak,” ucap bintang.

Sebagai informasi, kabupaten atau kota di Riau yang berhasil mendapatkan anugerah KLA adalah Rohil dan Kuansing. Kedua wilayah ini mendapat penghargaan kategori Pratama.

Selanjutnya, Pelalawan, Kampar, Bengkalis, Inhil, dan Rohul mendapatkan penghargaan kategori Madya.

Kemudian, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Dumai, Kabupaten Inhu, dan Kota Pekanbaru mendapatkan Kategori Nindya.

Sementara itu, Kabupaten Siak mendapatkan penghargaan kategori Utama.

Selain Provinsi Riau, anugerah Kategori Provila juga diterima Provinsi Jateng, Bangka Belitung, Banten, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com