Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

PTBA Catat Laba Tertinggi Rp 12,6 Triliun, Wagub Sumsel Sampaikan Hal ini

Kompas.com - 16/06/2023, 21:33 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya mengapresiasi capaian dividen yang dibukukan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebesar Rp 12,6 triliun.

Pasalnya, capaian tersebut tercatat sebagai laba tertinggi yang pernah dibukukan perseroan sepanjang sejarah beroperasi.

“Kami Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi, atas terlaksananya kegiatan RUPST PTBA Tahun Buku 2022,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Pernyataan tersebut Mawardi sampaikan saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PTBA Tahun Buku 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Mawardi berharap kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dalam mengoptimalkan kinerja dan produktivitas PTBA.

Baca juga: Koneksi Internet Cepat Jadi Salah Satu Solusi Dongkrak Produktivitas Kerja Karyawan

Selain itu, kata dia, PTBA diharapkan semakin berdaya saing, baik di kancah nasional maupun global untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Mawardi mengatakan, penggunaan energi terutama untuk pembangkitan energi listrik terus bertransformasi menuju energi bersih dengan memanfaatkan sumber energi baru terbarukan (EBT).

Pemanfaatan EBT, kata dia, dilakukan sejalan dengan penerapan kebijakan menuju Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Dengan tidak adanya lagi pembangunan baru pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan dikuranginya secara bertahap penggunaan PLTU batu bara, maka penggunaan batu bara sebagai bahan bakar PLTU akan semakin berkurang,” ucap Mawardi.

Menurutnya, transformasi PTBA dari bisnis dan pertambangan batu bara menjadi perusahaan energi dan kimia akan sangat tepat dilakukan.

Baca juga: IPO Pertamina Hulu Energi, Wamen BUMN: Tunggu Timing yang Tepat

Untuk mencapainya transformasi tersebut, Mawardi mengungkapkan, PTBA harus tetap berkomitmen dalam melaksanakan strategi, di antaranya melakukan peningkatan pembangunan pembangkit listrik berbasis EBT, melanjutkan proyek hilirisasi batu bara, dan mengembangkan EBT PTBA.

Adapun cara mengembangkan EBT PTBA adalah membangun pembangit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar pada lahan-lahan bekas tambang, setelah melaksanakan reklamasi dan pascatambang.

Apresiasi kinerja positif PTBA

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PTBA Tahun Buku 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/6/2023).
DOK. Humas Pemprov Sumsel Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PTBA Tahun Buku 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Selain capaian deviden, Mawardi mengapresiasi kinerja positif PTBA selama 2022.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa PTBA selama 2022 telah menunjukkan peningkatan kinerja yang sangat signifikan dalam hal produksi, penjualan, dan keuntungan yang dicapai,” jelasnya.

Baca juga: Perusahaan Batu Bara Ini Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Simak Persyaratannya

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com