Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkot Tangerang Hibahkan Lahan untuk Bangun Asrama Haji, Walkot Arief: Biar Tidak Perlu ke Pondok Gede

Kompas.com - 23/05/2023, 20:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tengah membangun asrama haji setara hotel berbintang. Hal ini dilakukan Pemkot Tangerang dengan menghibahkan lahan seluas 4,4 hektar (ha) ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten.

Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembangunan asrama haji di wilayah Cipondoh itu bertujuan agar jemaah haji di wilayahnya tidak harus ke Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta.

Untuk diketahui, selama ini jemaah haji Kota Tangerang harus ke Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta, baik saat menunggu waktu keberangkatan menuju ke Tanah Suci maupun pulang dari sana.

"Pembangunan Asrama Haji Kota Tangerang ditargetkan bisa digunakan untuk kepulangan haji pada 2023. Ini agar penjemputan keluarga tidak jauh-jauh harus ke Pondok Gede. Hemat waktu dan tenaga, khususnya bagi jamaah asal Kota Tangerang," katanya.

Dia mengatakan itu dalam acara pelepasan jamaah calon haji Kota Tangerang di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Walkot Tangerang Beri Hadiah Umrah Gratis untuk Buruh

Arief menambahkan, Pemkot Tangerang juga memberikan dana hibah Rp 1 miliar kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk kelancaran keberangkatan dan penjemputan jemaah haji asal Kota Tangerang.

"Saya titip kepada para jemaah haji untuk bisa mendoakan Kota Tangerang, khususnya para masyarakat Kota Tangerang dan Provinsi Banten, senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa.

“Kami semua mendoakan bapak, ibu, para jamaah haji. Semoga hajinya mabrur dan semua hajat munajatnya diijabah oleh Allah SWT," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Tangerang Samsudin menyebutkan, bangunan berlantai tiga yang telah selesai dikerjakan itu, memiliki fasilitas bertaraf hotel bintang tiga.

"Tahun 2022 (sudah) dianggarkan pembangunan tahap pertama, Alhamdulillah sudah selesai tiga lantai, di tahun 2023 sedang berjalan pembangunan tahap kedua dan di tahun 2024 mendatang tahap ketiganya," ungkap Samsudin.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Tilang Manual Kembali Diberlakukan di Kota Tangerang

Dia mengatakan, sesuai harapan dan keinginan Walkot Arief, pembangunan tahap pertama selesai pada anggaran tahun 2022 sehingga dapat dipergunakan untuk pemulangan jamaah haji bagi masyarakat Provinsi Banten.

"Pembangunan sesuai keinginan wali kota agar asrama haji pada 2023 dapat dipergunakan. Namun, hanya untuk pemulangan jamaah haji asal Provinsi Banten saja," kata Samsudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com