Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Menyusuri Pesisir Pulau Jawa di Trenggalek, Sekali Perjalanan Jangkau 4 Pantai Indah

Kompas.com - 22/11/2022, 17:30 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah di pesisir selatan Pulau Jawa yang memiliki pemandangan alam pantai indah sehingga menarik bagi wisatawan.

Salah satu kawasan pantai yang sudah populer dan menjadi tujuan wisata di Trenggalek ada Kecamatan Watulimo.

Kecamatan ini memiliki empat pantai dengan keindahan pemandangan yang memukau, yakni Pantai Prigi, Pantai Karanggongso, Pantai Simbaronce, dan Pantai Mutiara.

Saat ini, pemerintah tengah memperbaiki jalan menuju kawasan Pantai Simbaronce hingga Mutiara. Sebab, jalur ini merupakan penunjang akses Jalur Lintas Selatan yang menjadi salah satu proyek strategis nasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek Sunyoto mengatakan, dibukanya Lintas Selatan tersebut akan menambah tujuan wisata baru dan berdampak positif.

Baca juga: Beri Wadah Pegiat Ekonomi Kreatif, Pemkab Trenggalek Gelar Gebyar Ekraf

“Saat ini dalam tahap pembangunan Jalur Lintas Selatan. Untuk jangka panjang, tentunya akan menambah destinasi wisata sehingga menarik pengunjung untuk datang ke Trenggalek,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (22/11/2022).

Terlebih, kata dia, pantai-pantai di Watulimo yang berdekatan memiliki ciri khas masing-masing sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Di kawasan ini, pengunjung bisa berwisata ke banyak pantai dalam sekali kunjungan.

Pengunjung bisa berwisata ke Pantai Prigi yang memiliki taman 360. Taman yang didesain menarik dan Instagramable ini cocok dijadikan tempat berfoto-foto atau sekadar bersantai sambil melihat garis pantai yang panjang nan indah.

Di Pantai Prigi sisi timur, pengunjung bisa melihat Pelabuhan Ikan Nusantara dan banyak kapal nelayan hilir mudik.

“Fasilitas tempat ibadah dan kamar mandi sangat bagus dengan bangunan yang modern. Tamannya juga mengesankan,” terang Wiwin Ratna, salah satu pengunjung.

Baca juga: Ayam Lodho, dari Menu Hajatan Jadi Ikon Kuliner Trenggalek 

Adapun di sebelah timur Pantai Prigi, terdapat dua pantai, yakni Pantai Simbaronce dan Pantai Pasir Putih Karanggongso.

Dua pantai tersebut memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang jauh dari ciri khas ombak laut selatan. Sebab, ombak di dua pantai ini sedikit tenang sehingga di beberapa titik cocok untuk bermain air.

“Pantai tersebut tidak disarankan untuk mandi di laut. Kalau bermain di pinggiran pantai masih aman,” terang Purwanto yang sering kali mengunjungi pantai di Trenggalek.

Selain memiliki pasir putih, pantai tersebut juga menawarkan berbagai wahana permainan di laut, di antaranya ada banana boat, sewa perahu nelayan, sewa pelampung ban bekas, serta fasilitas pendukung kenyamanan lainnya.

Baca juga: Perkenalkan Potensi Wisata, Trenggalek Tampilkan Kesenian Unggulan di Pentas Budaya TMII

Bertolak ke arah timur dari Pantai Karanggongso dan Simbaronce, terdapat pantai yang tergolong masih baru, yakni Pantai Mutiara.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com