Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Permudah Akses Belajar, Pemprov Papua Hadirkan Internet Gratis di Perkampungan Jayapura

Kompas.com - 13/07/2022, 09:09 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri Agus Yudianto mengatakan, pihaknya menghadirkan layanan internet gratis di kawasan perkampungan di Kota Jayapura.

Jery berharap, layanan internet gratis bisa memicu peningkatan sumber daya manusia (SDM) lewat akses informasi yang mudah.

“Saya harapkan nanti akan tumbuh kelompok-kelompok belajar. Mereka bisa menggunakan internet gratis ini untuk mengakses video-video pembelajaran seperti di Youtube atau materi-materi belajar lewat dan lainnya,” katanya di Jayapura, Selasa (12/7/2022).

Adapun layanan internet gratis tersebut sudah tersedia di dua titik, yaitu Kampung Tobati dan Kampung Enggros. Sebelumnya, Dinas Kominfo Papua juga telah memasang layanan yang sama di Kampung Kayu Pulo.

Baca juga: Antisipasi Dampak Psikososial Pascabencana, Pemprov Papua Siagakan 360 Relawan

"Kami mengelola akses internet pemerintah daerah lalu kami sinergikan untuk bisa masuk ke wilayah-wilayah yang terjangkau infrastruktur kami,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Terkait fasilitas internet gratis tersebut, Kepala Kampung Enggros Rully Merauje pun mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Menurutnya, masyarakat Enggros sudah lama menantikan layanan internet gratis masuk ke wilayahnya agar generasi muda bisa belajar lebih mudah dari kampung.

“Ini sangat menunjang kami dalam mengakses internet, sekaligus mendukung program kami untuk pengembangan SDM di Kampung Enggros,” kata dia.

Baca juga: Pemprov Papua Berharap Pemda Hidupkan PMI yang Konsisten Jalankan Misi Kemanusiaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com