Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Penyintas Covid-19, Bupati Lumajang Thoriqul Haq Sumbangkan Plasma Darah

Kompas.com - 22/01/2021, 21:20 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang merupakan penyintas Covid-19 menyumbangkan plasma darah untuk pertama kalinya di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Thoriq dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada 19 Desember 2020.

Baca juga: Satu Lagi Prajurit TNI Gugur, Pratu Dedi Hamdani Ditembak Saat Kejar KKB ke Hutan

"Sehari sebelumnya saya sudah diambil sampel darah. Hal itu dilakukan guna memastikan kondisi darah dan fisik dalam pemenuhan kriteria sebagai pendonor plasma konvalesen," kata Bupati yang biasa dipanggil Cak Thoriq di Lumajang seperti dikutip dari Antara, Jumat.

Thoriq mengatakan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menyatakan 58 persen lebih terapi plasma konvalesen menyembuhkan pasien positif Covid-19.

"Alhamdulillah, saya sudah memenuhi persyaratan donor plasma. Saya mendonorkan plasma yang pertama setelah sebulan lebih terkonfirmasi positif dan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19," tuturnya.

Menurutnya, semakin banyak penyintas yang menyumbangkan plasma darah akan berdampak positif terhadap angka kesembuhan kasus Covid-19.

Plasma darah itu akan membantu banyak pasien Covid-19 yang sedang berjuang sembuh.

Cak Thoriq berharap masyarakat yang sembuh dari Covid-19 menyumbangkan plasma darah mereka.

"Ayo bersama-sama menyelamatkan nyawa yang lain, bersama-sama menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang itu artinya kita bisa membantu banyak orang," katanya.

Usai menyumbangkan plasma darah, Bupati Thoriq menerima piagam penghargaan dari PMI Kabupaten Lumajang. Sebab, Bupati Thoriq telah sukarela menyumbangkan plasma darah untuk terapi konvalesen.

Baca juga: Seorang Kakek Ditemukan Selamat Setelah 3 Hari Hilang, Terduduk Lemas di Pinggir Tebing

Sebelumnya, Pemkab Lumajang melalui Dinas Kesehatan mengikuti kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen melalui virtual, bertempat di Kantor PMI Kabupaten Lumajang, Senin (18/1).

Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen baik di pusat hingga daerah sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com