Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulsel Izinkan Bioskop Beroperasi dengan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 31/08/2020, 20:34 WIB
Hendra Cipto,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengizinkan bioskop kembali beroperasi asalkan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dikatakannya, rencana beroperasinya kembali bioskop telah dikaji oleh Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

“Syarat wajib dipenuhi termasuk protokol kesehatan dengan jaga jarak di dalam ruangan, pakai masker, tidak ada peluang untuk terjadi klaster baru, dan kesiapan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Jangan sampai ada klaster dan harus kita tutup. Kita tidak mau seperti itu,” ucap Nurdin Abdullah kepada wartawan, Senin (31/8/2020).

Baca juga: IDI Soroti Pemeriksaan PCR di Sulsel Masih Sangat Rendah

Pihaknya tengah menunggu pelaku usaha bioskop mengajukan permohonan ke pemerintah daerah dan gugus tugas.

"Semua tergantung kesiapan penyelenggaraan atau operator bioskop, termasuk melakukan pengajuan izin pembukaan. Kita menunggu dari bawah, seperti juga pembukaan sekolah, itu harus dari kepala sekolah yang mengajukan. Tentu mengajukan dengan kesiapan yang mereka telah lakukan,” katanya.

Baca juga: Gelar KBM Tatap Muka, Gubernur Sulsel Tunggu Kesiapan Kepala Sekolah

Dia mengklaim, jika kasus Covid-19 di Sulsel telah dapat dikendalikan dan Kota Makassar telah keluar dari zona merah.

“Kalau Makassar itu sebenarnya kita sudah mulai keluar dari zona merah. Karena kita terus melandai Rt kita, itu sudah hampir satu bulan itu sudah di bawah satu, berada di kisaran 0,8 sekian. Kita lihat spesimen juga naik tapi yang terkonfirmasi positif itu terus menurun,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com