Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Relawan Uji Vaksin, Ini yang Akan Tetap Dilakukan Ridwan Kamil

Kompas.com - 25/08/2020, 16:40 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melaksanakan tahap pertama uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

Pemeriksaan tahap kedua akan dilaksanakan pada Jumat (28/8/2020), jika hasil pemeriksaan kesehatan dinyatakan aman untuk tahap selanjutnya.

Sembari menunggu tahap kedua tiba, pria yang akrab disapa Emil ini mengaku tidak akan menurunkan intensitas kesehariannya sebagai pejabat publik.

Baca juga: Ikut Tahap Pertama Uji Klinis Vaksin Covid-19, Begini Respons Ridwan Kamil

Sebab, menurut Emil, tidak ada pantangan apapun hingga uji klinis tahap kedua.

"Setelah ini kami tetap akan melakukan kegiatan seperti biasa. Tidak ada perubahan, tetap jaga jarak, tetap pakai masker. Hanya nanti dalam prosesnya kalau ada gejala, harap segera dilaporkan. Jadi dari penjelasan, pada dasarnya proses ini tidak mengubah gaya hidup sehari-hari," kata Emil usai pemeriksaan kesehatan, Selasa.

Meski demikian, ia mengaku akan lebih teliti dalam menjaga kondisi fisiknya.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Selain itu, pengawasan juga dilakukan oleh tim dokter.

"Jadi saya tidak akan merubah apapun, kecuali lebih introspeksi saja, menghindari pola yang membuat saya sakit, yang sebenarnya bukan karena vaksin, tapi nanti malah tertuding pada vaksin. Jadi kita mawas diri saja," kata Emil.

Emil berharap, keterlibatan para pejabat di Jawa Barat sebagai relawan uji klinis bisa membuat masyarakat lebih yakin tentang uji vaksin ini.

Ia pun optimistis hadirnya vaksin ini menjadi titik terang akhir dari pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan kami ikut, masyarkat tenang bahwa vaksin ini akan hadir dan ending dari pandemi sudah mulai terlihat. Mohon doanya, kami juga sudah kelelahan terhadap isu ini. Mudah-mudahan inilah jalan yang Allah berikan di ujung pandemi dan kita bisa hidup normal lebih baik dan produktif lagi di 2021," kata dia.

Baca juga: Sebelum Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Menemui Ibunda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com