Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Gelar PPDB Jalur Zonasi, Disdik Purwakarta Ingatkan Kendala Ini

Kompas.com - 22/06/2020, 20:15 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta, Jawa Barat, mengaku telah siap untuk menggelar penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi dan zonasi, Senin (22/6/2020). 

Namun, Sekretaris Dinas Pendidikan Purwakarta, Didi Garnadi, menjelaskan, ada sejumlah kendala yang sering dialami di jalur zonasi, salah satunya masalah koordinat di dalam sistem.

"Biasanya yang sering ditemukan saat pelaksanaan PPDB itu masalah koordinat yang tak muncul di sistem. Banyak operator yang mendaftarkan siswa secara kolektif di tempat yang sama sehingga itu jadi masalah. Kami imbau ketika mendaftar si wali kelas atau guru harus benar-benar datang ke rumah siswa itu," ujar Didi di ruangannya, Senin (22/6/2020).

Baca juga: Pria Ini Diculik Mantan Suami Pacarnya, Terlacak Saat Minta Tebusan Rp 30 Juta

Dilansir dari Tribunnews, Dinas Pendidikan Purwakarta telah mengumumkan, jalur prestasi akan digelar pada 24 Juni sampai 26 Juni.

Lalu, jalur zonasi akan dilaksanakan pada 29 Juni sampai 3 Juli.

Sementara itu, jalur perpindahan tugas orangtua mulai 19 Juni sampai 23 Juni.

Baca juga: Fakta Seputar Gempa Pacitan 5,0 Magnitudo, Kaca Rumah Bergetar dan Warga Yogya Panik

Didi menambahkan, siswa yang mendaftar lewat jalur prestasi akan dihitung dari akumulasi nilai rapor dan piagam penghargaan.

Lalu, prosentase siswa diterima dari jalur perpindahan orangtua adalah sebesar 5 persen. Untuk zonasi, menurut Didi, sekitar 60 persen. 

"Kalau jalur zonasi sebesar 60 persen. Sejauh ini SMP yang banyak peminat di jalur afirmasi di wilayah kota yakni SMPN 3, SMPN 5, dan SMPN 7. Adanya kebijakan PPDB yang sekarang membuat pemerataan mutu kualitas sekolah sama," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul: Jalur Afirmasi Selesai, Disdik Purwakarta Siap PPDB Jalur Prestasi dan Zonasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com