Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Usul Pilkada Diundur Tahun Depan, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/06/2020, 07:45 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar Pilkada 2020 diundur tahun depan. Ia menyebut pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 cukup berisiko.

Menurut Emil, sapaan akrabnya, pergeseran jadwal dari bulan September ke Desember pada awal pandemi berdasar asumsi Covid-19 selesai di bulan Juli atau Agustus.

"Jadi menurut saya jadwal Desember itu jangan harga mati. Dan proses (Pilkada) itu kan tidak hanya di Desember. Ada pendaftaran, kampanye, jadi saya pribadi cenderung melihat situasi Covid hari ini tidak meyakini akan kondusif di Desember. Pergeseran ke tahun 2021 lebih realistis," ungkap Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (12/6/2020) malam.

Baca juga: Pilkada Cianjur Dilanjutkan, Panitia Pakai APD dan Jumlah TPS Diperbanyak

Ia pun berharap pemerintah mengutamakan keselamatan rakyat dalam memutuskan pelaksanaan Pilkada. Namun, jika tetap dilaksanakan pada Desember, ia pun akan segera merancang upaya mitigasi.

"Yang harus diutamakan keselamatan nyawa dari masyarakat. Covid ini kan penyaklit kerumunan. Tapi kalau sudah diputuskan, sebagai perwakilan pemerintah pusat di daeah, saya harus mengamankan. Salah satunya khasnya tim gugus tugas kan menghitung secara ilmiah, risikonya seperti apa. Tapi kalau boleh berpendapat, digeser (jadwalnya)," tutur Emil.

Soal anggaran pilkada

Disinggung soal adanya permintaan tambahan dana Pilkada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Emil menegaskan jika pemerintah daerah sudah kehabisan anggaran lantaran dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Pilkades Sumedang Diundur, Sejumlah Calon Kepala Desa Khawatir Biaya Kampanye Bengkak

"Yak kami sudah tidak punya uang. Uang kita sudah habis buat Covid dan bansos. Jadi kalau ada permintaan ekstra kami pasti kesulitan. Kecuali anggarannya digeser di tahun depan," jelasnya.

Seperti diketahui, delapan daerah di Jawa Barat akan menggelar Pilkada. Yakni, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupate Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Depok. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com