Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rapid Test Eks 16 Peserta Ijtima Ulama Gowa Asal Banjarnegara Reaktif

Kompas.com - 17/04/2020, 18:46 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Hasil rapid test terhadap 16 orang mantan peserta Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan, asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dinyatakan reaktif.

Hal tersebut dikatakan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

"Kami melakukan tracing terhadap peserta acara keagamaan di Gowa. Dari 37 orang yang sudah kami lakukan pemeriksaan rapid test, didapatkan hasil 16 orang dinyatakan reaktif (positif)," kata Budhi.

Baca juga: Pasien Pertama Covid-19 di Banjarnegara Sembuh

Budhi menjelaskan, tracing tersebut dilakukan berdasarkan hasil rapid test terhadap salah satu peserta Ijtima Ulama asal Banjarnegara, beberapa waktu lalu, yang menunjukkan hasil reaktif.

"Terkait kasus Tuan Y, peserta acara keagamaan di Gowa asal Kecamatan Purwanegara, dilakukan tiga kali rapid test, didapatkan dua hasil samar dan ketiga positif," jelas Budhi.

Budhi mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 juga sebelumnya telah melakukan tracing terhadap keluarga Y.

Berdasarkan hasil rapid test, terhadap istri Y didapatkan hasil reaktif dan anak Y dengan hasil non reaktif.

Baca juga: Bocah 10 Tahun Hilang Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara

Selain itu, lanjut Budhi, pihaknya juga melakukan rapid test terhadap enam orang tenaga medis di klinik yang pernah merawat Y dan dua orang pasien yang dirawat bersama dalam satu kamar.

"Kami memeriksa delapan orang yg melakukan kontak erat, enam orang terdiri dari dokter dan perawat dengan hasil negatif, dan dua orang pasien yag berada dalam satu kamar dengan hasil negatif," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com