Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, Operasional Penerbangan Bandara Ahamd Yani Semarang Dibatasi

Kompas.com - 05/04/2020, 18:58 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pembatasan operasional penerbangan mulai diberlakukan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, sejak 1 hingga 30 April 2020.

Kebijakan tersebut diterapkan menyusul merebaknya wabah virus corona (Covid-19) yang semakin meluas di Semarang, Jawa Tengah.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan, pembatasan jam operasional sudah sesuai kesepakatan dengan Airnav Indonesia.

Baca juga: Kader PDIP Kota Semarang Serahkan Gajinya untuk Bantu Penanganan Covid-19

Tim Airnav telah mengeluarkan NOTAM bernomor B0817/20 NOTAMN untuk melakukan perubahan jam operasional.

Selain itu, pembatasan jam operasional bandara juga sejalan dengan Surat Edaran Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) Dalam Penerbangan.

"Awal mulanya jam operasional Bandara Ahmad Yani pukul 06.00 sampai jam 24.00 WIB. Tapi kemudian berdasarkan Notam berubah menjadi pukul 06.00 sampai 22.00 WIB," ujar Hardi dalam keterangannya, Minggu (5/4/2020).

Hardi menjelaskan, masa berlaku pembatasan jam operasional penerbangan adalah 30 hari, dan dapat diperpanjang maupun diperpendek berdasarkan perkembangan situasi keadaan tertentu darurat bencana wabah virus corona.

Baca juga: 6 Pasien Positif Corona Sembuh di Semarang, Kuncinya Tetap Semangat

Kendati demikian, dengan adanya pembatasan jam operasional tersebur, kata dia tidak ada penerbangan yang terdampak.

"Sejak bulan Januari 2020, kami telah melakukan beberapa upaya, mulai dari Simulasi Penanggulangan Pandemi Novel Corona Virus, penyediaan fasilitas hand sanitizer di beberapa titik area terminal, pengecekan suhu tubuh bagi para penumpang yang datang maupun berangkat," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menerapkan physical distancing di beberapa fasilitas, penerapan customer service online, pembersihan areal terminal yang dilakukan setiap hari, penyemprotan cairan disinfektan di area terminal setiap tiga hari sekali, dan upaya lainnya.

Sebelumnya, akses penumpang VIP yang melalui Screening Check Point (SCP) Concordia Lounge juga telah ditutup untuk mencegah adanya penumpukan penumpang pada ruangan pemeriksaan.

"Kami senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara dan mendukung Pemerintah dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 di bandara,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com