Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Corona di Pulau Galang Sudah 95 Persen Rampung, 28 Maret Siap Beroperasi

Kompas.com - 24/03/2020, 10:31 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Konstruksi fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi menular yang dibangun di lokasi Eks Kamp Vietnam di Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sudah mencapai 95 persen.

Bahkan saat ini tinggal proses finishing saja dan dipastikan tanggal 28 Maret 2020 mendatang sudah bisa difungsikan seluruhnya.

“Jika tidak ada halangan, 27 Maret 2020 sudah siap dan tanggal 28 Maret 2020 sudah bisa dipergunakan untuk proses observasi,” kata Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema saat meninjau lokasi tersebut, Senin (23/3/2020) siang kemarin.

Dalam peninjauan yang dilakukan bersama Kasi Posrem 033/ WP, Dandim 0316/Batam dan Staf terkait, Brigjen TNI Gabriel Lema mengatakan pembangunan lokasi observasi ini sudah mencapai 95 persen bahkan saat ini tahap finishing sudah hampir selesai.

“Dijadwalkan, Minggu 28 Maret 2020 sudah dapat digunakan secara seluruhnya,” jelas Gabriel.

Baca juga: RS Khusus Pasien Covid-19 di Pulau Galang Bisa Digunakan 28 Maret 2020

ODP dan PDP corona

Gabriel mengatakan selain ada bangunan baru, sebagian bangunan ini juga merupakan hasil renovasi atau rehab dari eks RS Vietnam yang sudah ada terlebih dahulu.

Bahkan hasil dari peninjauan, hampir seluruh titik terlihat sudah rampung, mulai dari asrama perawat dan dokter, gudang obat-obatan, hingga ruang instalasi.

Begitu lokasi ini dinyatakan rampung, sejumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona bisa langsung ditempatkan.

Mengingat saat ini jumlahnya di Kepri terus meningkat seiring dengan hasil tracing terhadap empat pasien yang dinyatakan positif corona di Kepri.

“Untuk asrama perawat, dokter, gudang obat-obatan dan ruang instalasi lainnya terlihat sudah rampung, tinggal sedikit finishing saja,” papar Gabriel.

Baca juga: Konstruksi Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Capai 60 Persen, 28 Maret Siap Digunakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com