Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Pelayanan RSHS Bandung Jika Nanti Banyak Pasien Positif Corona

Kompas.com - 12/03/2020, 11:30 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah mengumumkan bertambahnya jumlah pasien positif corona (Covid-19) sementara WHO mengumumkan virus corona jadi pandemi global.

Hal ini membuat Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung melakukan beberapa strategi upaya pelayanan terhadap pasien, petugas dan pengunjung.

"Untuk PDP, RSHS membuat ring. Ring 1 di RIIKK. Ring selanjutnya yaitu ruang isolasi di Lantai 1 Kemuning dan ruang HCU Kemuning. Dengan demikian jumlah ruang isolasi yang dimiliki saat ini berjumlah 24 ruangan," kata Direktur Utama RSHS, dr. Nina Susana Dewi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/3/2020).

Untuk keamanan petugas, kata Nina, RSHS Bandung memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Membaik, 2 Pasien PDP di RSHS Bandung Akan Dipulangkan

"Mengedukasi seluruh staf untuk selalu menjaga kebersihan tangan serta menambah sarana hand hygiene, sosialisasi informasi dan melakukan simulasi penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) di area ring-ring pelayanan PDP," kata Nina.

Selain itu, RSHS juga memberlakukan zona-zona untuk membatasi lalu lalang petugas maupun pengunjung.

"RSHS juga memberlakukan zona merah, kuning dan hijau untuk membatasi lalu lalang petugas atau pengunjung," sambung Nina.

Baca juga: Enam Pasien PDP di RSHS Dipulangkan karena Negatif Corona

Seperti diketahui, dari lima pasien dalam pengawasan (PDP) di RSHS Bandung, dua pasien dinyatakan telah membaik dan berencana akan dipulangkan.

"Dari 5 pasien ini, 1 orang merupakan pasien yang sedang dalam pendalaman, 1 orang telah dialih rawat ke ruang lain, 1 orang rencana pindah ruangan dan 2 pasien direncanakan akan dipulangkan karena kondisinya sudah baik," kata Nina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com