Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan, 2 Pencuri Truk Dihadiahi Timah Panas

Kompas.com - 05/02/2020, 12:24 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dua pria ditangkap pihak kepolisian setelah mencuri sebuah dump truk Isuzu Elf dengan nomor polisi W 8765 UA, yang tengah parkir di pinggir jalan Perumahan Graha Bunder Asri, di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

Polisi menangkap pria Mochammad Rudi (38) warga Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik dan Agus (36) warga Desa Watestanjung, Kecamatan Wringinanom, Gresik.

Keduanya menjadi otak pencurian, dalam kejadian yang berlangsung pada 20 Januari 2020 lalu.

"Sebenarnya ada tiga orang. Dua orang yang berhasil kami tangkap, sementara satu lagi masih DPO (Daftar Pencarian Orang) dan masih dalam tahap pengejaran," ujar Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, dalam rilis pengungkapan kasus di halaman Mapolres Gresik, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Komplotan Pencuri Pecah Kaca Mobil di Karawang Bekerja Sebagai Debt Collector

Kusworo menuturkan, Rudi dan Agus mencuri dump truk milik Nur Sholecha Gatra Putra, warga Perumahan Graha Bunder Asri di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik.

"Jadi sekitar pukul 17.00 WIB, Rudi dan Agus ini kebetulan melintas di TKP dan melihat dump truk sedang terparkir. Kemudian muncul niat dari mereka berdua untuk mencuri truk tersebut," ujar dia.

Tapi, mereka tidak langsung melakukan pencurian, dan baru berangkat kembali mendatangi TKP pada pukul 22.00 WIB.

Agus bertindak sebagai eksekutor dengan kunci T yang sudah dimodifikasi, sedangkan Rudi menunggu dari jarak sekitar 100 meter dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter MX.

Setelah dapat mencuri dump truk, Agus langsung membawa kabur kendaraan menuju Jember.

Sementara, Rudi kembali pulang dan kemudian menyusul ke Jember dengan menggunakan Toyota Avanza, di mana ia sempat mampir ke Sidoarjo dulu untuk menjemput satu pelaku yang masih DPO untuk berangkat bersama menuju Jember.

Baca juga: Melawan Saat Hendak Ditangkap, Pencuri Ban Ambulans di Jateng Ditembak

"Berkat informasi masyarakat, serta kerja sama yang baik antar-polres dan Jatanras Polda Jatim, akhirnya dump truk berhasil ditemukan tengah terparkir di sebuah lapangan jauh dari pemukiman warga," kata dia.

Namun, karena Agus dan Rudi sempat melakukan perlawanan saat hendak diamankan, maka keduanya dihadiahi timah panas oleh pihak kepolisian.

Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman paling lama 7 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com