Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terisolasi Akibat Banjir, 2 Permukiman di Lebak Dapat Bantuan via Udara

Kompas.com - 06/01/2020, 06:47 WIB
Acep Nazmudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Hari kelima pasca-bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten, masih terdapat sejumlah pemukiman yang terisolasi. Mereka tidak bisa keluar dari pengungsian lantaran akses jalan yang terputus.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan untuk mendistribusikan bantuan ke pemukiman tersebut, pihaknya harus menggunakan jalur udara.

"Alhamdulillah, bantuan logistik sandang pangan sudah terdistribusi. Termasuk ke Cigobang dan Gunung Julang sudah dijangkau dari kemarin dan hari ini menggunakan helikopter sudah," kata Iti kepada Kompas.com di lokasi banjir bandang di Kecamatan Lebak Gedong, Minggu (5/1/2020).

Baca juga: 19 Sekolah di Lebak Diliburkan Akibat Banjir Bandang

Iti mengatakan, di dua permukiman tersebut sama sekali tidak bisa dijangkau menggunakan kendaraan darat. Lantaran jembatan putus dan longsor di sejumlah titik.

Untuk menuju ke sana hanya bisa dilakukan dengan jalan kaki dengan membuka jalur di dalam hutan atau menggunakan helikopter. 

Menggunakan jalur udara, kata Iti, juga kerap terhambat oleh cuaca yang mendung.

"Seperti sore ini, kabut tebal di atas gunung, akan dilanjutkan besok, tapi logistik sejauh ini aman sampai dua hari ke depan," kata dia.

Untuk warga yang masih berada di permukiman terisolasi, diupayakan untuk dievakuasi ke posko terdekat.

"Kita khawatir terjadi bencana susulan, berdasarkan pantauan, tanah retak, sebaiknya kami mengimbau meninggalkan titik rawan, ke titik aman posko pengungsian," kata dia.

Baca juga: Cerita Warga Satu Desa di Lebak Terjebak Banjir Bandang, Terisolasi Lewati Malam Mencekam, Jalan Kaki Mengitari Gunung

Diketahui, Banjir bandang menerjang Kabupaten Lebak, Rabu (1/1/2020). Banjir bandang terjadi lantaran aliran sungai Ciberang yang berhulu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) meluap.

Enam kecamatan yang terdampak banjir yakni Cipanas, Sajira, Lebakgedong, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com