Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Nenek Sebatangkara Tewas Terpanggang di Dalam Rumah

Kompas.com - 24/12/2019, 09:37 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Peristiwa kebakaran yang menimpa sebuah rumah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (23/12/2019) malam, mengakibatkan seorang perempuan lanjut usia bernama Julaeha (75) atau Nenek Eha tewas mengenaskan.

Nenek Eha, janda tua yang tingggal sebatang kara di Kampung Kampung Jajaway RT 006/001, Desa Simpang, Kecamatan Takokak itu, ditemukan terpanggang di dalam rumahnya. 

Paur Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayudha menuturkan, peristiwa kebakaran itu baru diketahui warga saat api sudah menghanguskan bangunan rumah panggung kayu tersebut.

Baca juga: Teror Ular Kobra, Damkar Cianjur Siagakan Tim Animal Rescue

Warga lantas bergegas memadamkan api dengan alat seadanya. Usai padam, korban ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa, tubuhnya hangus terbakar.

"Ditemukan dalam kondisi meringkuk di bawah," kata Budi kepada Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Saat kejadian, korban diduga sudah tertidur lelap, sehingga tidak sempat menyelamatkan diri. 

“Kondisi lingkungan di sekitar lokasi kejadian juga sepi, karena letak rumah korban jauh dari tetangga,” ucapnya.

Baca juga: Api Hanguskan Kos Saat Penghuni Tidur, 2 Orang Tewas Terpanggang

Dugaan asal api

Sejumlah petugas kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kebakaran rumah yang menewaskan seorang nenek yang tinggal sebatang kara di Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.Dok: Polsek Takokak Sejumlah petugas kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kebakaran rumah yang menewaskan seorang nenek yang tinggal sebatang kara di Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Terkait sebab kebakaran yang telah merenggut nyawa tersebut, diduga berasal dari tungku yang biasa digunakan korban untuk memasak.

“Dugaan di tungku itu masih ada api sisa pembakaran (memasak) yang lama-lama membesar dan menyambar ke dinding dapur. Karena rumahnya terbuat dari papan kayu sehingga api cepat merambat," kata Budi.

Indikasi penyebab kebakaran tersebut, mengingat di dalam rumah korban tidak ada aliran listrik.

"Hanya ada satu jaringan listrik, itu pun dipasang di luar rumah," ujar dia.

Aparat kepolisian dari polsek setempat yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan olah TKP, untuk kemudian mengevakuasi jasad korban ke rumah sakit terdekat.

"Namun, pihak keluarga korban membuat pernyataan tertulis, keberatan jika jasad korban di visum, dan menerima kejadian tersebut sebagai musibah," ucapnya.

Baca juga: Merokok di Kamar, Seorang Kakek Penderita Stroke Tewas Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com