Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla, 5 Hektare Lahan di Gunung Rasamala Cianjur Terbakar

Kompas.com - 23/09/2019, 22:53 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan Gunung Rasamala, Kampung Pameungpeuk, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (23/09/2019) petang.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, namun sedikitnya lima hektar area lahan milik warga yang berada di dalam kawasan tersebut terbakar.

Baca juga: Pemadaman Karhutla Jateng Masih Ditangani Secara Manual, Ini Alasannya

Paur Subbag Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayuda menyebutkan, titik awal api berawal dari rumpun bambu yang mudah terbakar.

“Kejadian ini pertama kali diketahui oleh seorang warga yang hendak mengambil bambu. Saat itu api sudah membakar rumpun bambu sehingga dengan cepat merembet ke sebagian area yang lain,” tutur Budi, dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin.

Anggota polisi dari polsek setempat dibantu personel TNI, perangkat desa dan dibantu masyarakat kemudian bergerak menuju lokasi untuk melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. 

Baca juga: Terkait Karhutla, Riau Tetapkan Status Tanggap Darurat

“Informasi terbaru yang kami terima, api yang ada di beberapa titik sudah berhasil dipadamkan,” ucap dia.

Budi menyebutkan, petugas saat masih melakukan penyelidikan soal penyebab karhutla tersebut, namun dugaan sementara karena faktor cuaca.

“Karena sudah beberapa bulan terakhir ini kemarau, ditambah lagi angin kencang sehingga memudahkan terjadi kebakaran dan api dengan cepat membesar,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com