Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Pecinta Burung Termasuk Anggota Dewan Ramaikan Lomba Berkicau di Mamuju Tengah

Kompas.com - 16/09/2019, 11:49 WIB
Junaedi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sebanyak 500 pecinta burung yang tergabung dalam Komunitas Kicau Mania Benteng Kayu Mangiwang (BKM BC) menggelar lomba burung berkicau di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Senin (16/9/2019).

Meski baru kali diselenggarakan di Kabupaten Mamuju Tengah, lomba burung berkicau langsung disambut antusias warga dan para peserta dari berbagai daerah kabupaten di wilayah Sulawesi.

Tak sedikit pejabat hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pecinta burung yang hadir untuk meramaikan lomba kicau burung ini.

Salah satunya adalah Ketua DPRD Mamuju Tengah Arsal Aras.

Baca juga: 500 Burung Kacer Diselundupkan di Dalam Bakul, Sebagian Mati karena Stres

Menurut dia, ajang perlombaan ini tidak hanya menjadi objek wisata dan hobbi para pecinta burung. Namun juga menjadi ajang silaturahim antar sesama warga.

Ajang lomba burung ini juga dinilai bisa meningkatkan prekonomian warga.

Budidaya dan bisnis burung yang mudah dilakukan, dinilai berpotensi menjadi sumber pendapatan bagi warga dan pecinta burung.

Burung mudah dibudidayakan. Belum lagi jualan pakan, sangkar dan lainnya ini bisa menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat,” kata Arsal Aras.

500 Pecinta Burung di Sulawesi Ramaikan Lomba Burung Berkicau di MatengKOMPAS.COM/JUNAEDI 500 Pecinta Burung di Sulawesi Ramaikan Lomba Burung Berkicau di Mateng
Peserta yang datang dari berbagai daerah di antaranya Makassar, Polewali Mandar, Majene, Mamuju, Pasangkayu, Donggala, Tolai dan Palu.

Dalam perlombaan ini, burung-burung cantik yang memesona mata akan dinilai suara merdu dari kicauan yang dihasilkan.

Semakin merdu kicauan yang dihasilkan, akan semakin tinggi harga jual burung tersebut.

Burung-burung peserta lomba ini mulai dari harga Rp 1 juta hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini juga menjadi ajang wisata dan promosi daerah, lantaran pesertanya datang dari berbagai daerah di Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com