Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Kumpulkan Sumbangan Bantu Pendidikan dan Modal Usaha Warga Eks Lokalisasi Tambak Asri

Kompas.com - 27/08/2019, 16:19 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga eks lokalisasi Tambak Asri di Balai Kota Surabaya, Selasa (27/8/2019).

Bantuan yang diberikan langsung oleh Risma itu, di antaranya bantuan dana pendidikan untuk 25 anak yatim piatu dan bantuan modal usaha kepada warga eks lokalisasi Tambak Asri.

"Ini eks lokalisasi Kremil (Tambak Asri) itu kan memang hampir 99,9 persen itu orang miskin. Jadi karena itu, kita bukan hanya bantuan untuk anak-anak sekolah, tapi juga modal usaha dan itu sudah kita lakukan survei juga," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Selasa.

Baca juga: Tekad Risma Wujudkan Mimpi Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Menurut Risma, sejumlah bantuan yang diberikan itu merupakan wujud kepeduliaan Pemerintah Kota Surabaya kepada sejumlah anak yatim piatu dan semua warga di eks lokalisasi Tambak Asri, Surabaya.

Bantuan itu didapat dari hasil pengumpulan sumbangan di Masjid Muhajirin Pemkot Surabaya dan sumbangan itu sudah dilakukan beberapa kali.

"Jadi hasil dari sumbangan itu dikumpulkan untuk bantuan anak-anak ini. Ini sudah kesekian kalinya, pernah di Dolly, sekarang di Kremil, Tambak asri," ujar Risma.

Ia mengutarakan, bantuan tersebut bisa terus dilakukan untuk membantu warga miskin dengan cara menarik sumbangan sukarela.

Karena itu, Risma meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan kebutuhan hidup dan masa depan anak-anaknya. Sebab,   Pemkot Surabaya punya kekuatan untuk mrmobilisasi mengumpulkan sumbangan.

"Mereka tidak perlu takut dan bingung dari mana biayanya, termasuk untuk masa depan mereka," kata Risma.

Baca juga: Risma Minta Orangtua Tak Nikahkan Anak Perempuan di Usia Dini

Selain bantuan pendidikan dan modal usaha, Risma mengaku Pemkot Surabaya juga sudah membentuk koperasi usaha dan saat ini koperasi tersebut sudah berjalan dan cukup membantu meringankan beban warga di Tambak Asri.

"Koperasinya ada dua. Koperasi untuk usaha sama koperasi untuk kebutuhan sehari-hari. Ini sudah berjalan, sudah beberapa bulan. Mudah-mudahan membantu meringankan pengeluaran mereka," imbuh Risma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com