Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukur Alis, Jalan Kaki dan Lari Belasan Kilometer, Cara Unik Pendukung Anggota DPRD Gunungkidul Terpilih

Kompas.com - 12/08/2019, 14:39 WIB
Markus Yuwono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Suasana rapat paripurna istimewa pengangkatan sumpah janji anggota DPRD Gunungkidul, Yogyakarta, periode 2019-2024, diwarnai aksi unik para pendukung anggota dewan.

Mereka ada yang rela mencukur alisnya hingga berlari dan berjalan belasan kilometer. 

Dari pengamatan Kompas.com, Senin (12/8/2019), sejak pagi ratusan orang dari berbagai kecamatan sudah berkumpul di depan Kantor DPRD Gunungkidul.

Memang hanya undangan yang diperbolehkan masuk selama sidang istimewa berlangsung.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bus dan Truk di Ponjong, Gunung Kidul

Di samping kiri pintu masuk ada beberapa orang yang melingkar, mengelilingi seorang warga untuk dicukur gundul, memenuhi janjinya ketika calon yang didukungnya berhasil lolos maka akan mencukur alis dan rambut kepalanya.

"Ini bentuk dukungan saya ke Pak Harno (Suharno politisi Partai Nasdem), dia terpilih lagi maka saya cukur rambut gundul dan cukur alis," kata Agus Duplong, warga Desa Gari, Kecamatan Wonosari, Senin.

"Sudah tradisi dari anak buah Pak Harno, saya gundul terus (saat dilantik periode sebelumnya)," kata dia.

Menurut dia, selama ini, dirinya dan keluarga mendukung total Suharno dan putranya Ryan Eko Wibowo yang maju dalam pemilu 2019 lalu.

Sebab, selama ini, dinilai baik kepada masyarakat. "Pak Harno saat menjadi ketua DPRD baik kepada masyarakat," ujar dia.

Tidak hanya dirinya namun belasan orang ikut mencukur gundul hari ini. Mereka sama-sama bernazar untuk mencukur gundul ketika Suharno dilantik.

Jalan Kaki Dua Orang Anggota DPRD Gunungkidul Suharno dan Ryan Eko WibowoMARKUS YUWONO Jalan Kaki Dua Orang Anggota DPRD Gunungkidul Suharno dan Ryan Eko Wibowo

 

Tak jauh dari Agus dan kawan-kawan seorang warga pemanasan bersiap-siap untuk berlari. Dia adalah Wiwit Supriyanto warga Purbosari, Baleharjo, Wonosari.

Dirinya mempersiapkan diri untuk berlari ke rumah Risda Mustofa, salah satu anggota DPRD terpilih dari Gerindra.

"Ikatan alumni SMPN 3 Playen, saling membantu. Memberikan support agar tetap amanah. Saya nanti lari sampai ke rumah Mas Ridha," ujar dia. 

"Persiapannya setiap sore lari keliling (alun-alun) pemda (Gunungkidul)," ucap dia.

Seusai pelantikan, pasangan bapak dan anak Suharno dan Ryan Eko WIbowo pun melakukan cara unik mensyukuri pengangkatannya sebagai anggota DPRD Gunungkidul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com