Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Bus dan Truk di Ponjong, Gunung Kidul

Kompas.com - 01/08/2019, 16:45 WIB
Markus Yuwono,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Bus dengan nomor polisi AB 1469 FY rute Batu-Pracimantoro-Wonosari- Yogyakarta mengalami kecelakaan di Jalan Semanu-Bedoyo, tepatnya di Dusun Asemlulang (sebelumnya ditulis Gebang), Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (1/8/2019).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunung Kidul AKP Anang Tri Nuviyan mengatakan, kecelakaan bermula ketika truk dengan nomor polisi AB 4989 JN melaju dari arah timur, yaitu arah Pracimantoro menuju Wonosari.

Baca juga: Truk Tabrak Bus Diduga Rem Blong, 10 Orang Terluka

Menurut Anang, saat itu truk berada di belakang bus Purwo Widodo.

Selanjutnya, saat kondisi jalan menurun, sopir truk yang belum diketahui identitasnya merasakan bahwa remnya sudah blong.

"Sopir truk sudah memberi tanda rem blong, dengan mengklakson bus. Tetapi, sopir bus mengira sopir truk cuma mau mendahului biasa," kata Anang saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis.

Menurut Anang, sopir truk mencoba mengambil jalur kanan, tetapi di saat bersamaan dari arah berlawanan ada kendaraan lain.

Akhirnya, truk menabrak sisi sebelah kanan belakang bus. Akibatnya, bus berbelok ke kiri dan menabrak sebuah pohon trembesi.

"Setelah menabrak, truk tidak langsung berhenti, tetapi tetap melaju ke barat, dan berhenti di jarak 600 meter dari tempat kejadian," ucap Anang.

Anang mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Korban hanya mengalami luka-luka.

"Korban lebih kurang 13 orang, sudah dirawat di RS Pelita Husada dan RSUD Wonosari. Belum ada laporan korban meninggal dunia," kata Anang.

Baca juga: Kecelakaan Truk Tanah Timpa Mobil Sigra, Anak Balita Selamat dalam Dekapan Ibunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com