Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Anak Sutopo ke Ganjar: Pak Gubernur, Sekarang Bapak Tidak Sakit Lagi...

Kompas.com - 08/07/2019, 13:18 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

BOYOLALI, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melayat ke rumah duka Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Surodadi RT 007/RW 009, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

Ganjar yang memakai pakaian rompi Palang Merah Indonesia (PMI) itu turut menyaksikan langsung prosesi pemakaman almarhum ke peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali.

Menurut Ganjar, almarhum Sutopo merupakan sosok yang luar biasa. Diceritakan banyak hal tentang almarhum semasa hidup.

Selain menyampaikan tentang kebencanaan, tapi juga sakit yang diderita almarhum.

Baca juga: Ganjar Pranowo Melayat ke Rumah Duka Sutopo

"Saya terharu betul tadi malam di rumah beliau (Depok). Bertemu dengan anaknya dan dia membisikan ke telinga saya 'Pak Gubernur sekarang bapak tidak sakit lagi'," kata Ganjar menirukan ucapan anak almarhum saat ditemui di TPU Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin.

Ganjar mengatakan ketabahan sosok Sutopo tercermin dalam keseharian saat melaksanakan tugasnya. Meski dalam kodisi sakit Sutopo masih tetap menginformasikan tentang kebencaan kepada masyarakat.

"Sebuah sikap profesional dan dedikasi yang penuh. Berjuang sampai titik penghabisan. Almarhum cerdas, luar biasa. Saya kenal pribadi dengan dirinya, saya kenal keluarganya, kita pernah sekolah bareng," kenangnya.

Prosesi pemakaman Sutopo dimulai sekitar pukul 09.00 WIB diawali dengan upacara kenegaraan yang merupakan penghormatan terakhir kepada almarhum Sutopo. Upacara tersebut dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Baca juga: Istri Sempat Pingsan Saat Jenazah Sutopo Dibawa ke Pemakaman

Keluarga dan para pelayat turut mengantarkan jenazah Sutopo ke peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB setelah menjalani perawatan selama sekitar satu bulan. Ia divonis kanker paru-paru pada 17 Januari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com