Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Rudiantara: Risma Bukan Hanya Milik Warga Surabaya, tapi Milik Indonesia

Kompas.com - 29/06/2019, 19:34 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/6/2019) sore.

Rudiantara mengungkapkan, kondisi Risma sudah normal bahkan sudah aktif dan ingin beraktivitas kembali.

"Ya alhamdulillah senang ketemu Bu Risma. Sudah aktif maunya jalan lagi, tapi saya bilang harus istirahat," kata Rudi, Sabtu.

Baca juga: Di Secarik Kertas Risma Sampaikan Pesan ke Warga Surabaya, Ini Isinya

Ia menceritakan, di ruang ICU juga sempat berbincang soal pekerjaan dengan Risma. Bicaranya disebut juga sudah lancar tidak seperti yang diviralkan di media sosial bahwa kondisinya tak sadarkan diri.

"Tadi di dalam ngobrol soal kerjaan tentang mobil pemadam kebakaran yang baru, soal menyiram tanamanlah. Alhamdulillah sudah normal," ujar dia.

Ia menyampaikan, banyak masyarakat yang turut mendoakan Risma agar lekas pulih setelah kabar sakitnya Risma menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Termasuk di media sosial Twitter, banyak netizen yang juga mendoakan Risma lekas sembuh hingga menjadi trending topic.

"Bu Risma itu bukan hanya milik warga Surabaya, tapi milik Indonesia. Jadi banyak yang sayang sama Bu Risma banyak yang mendoakan Bu Risma. Jadi warga Surabaya jangan GR ya," ucap dia.

Rudiandatara mengaku memiliki hubungan yang dekat dengan Risma. Bahkan ketika berkunjung ke Surabaya, kata Rudi, Risma sering mengajaknya untuk berwisata kuliner.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu, lanjut Rudi, sering membawakan lorjuk kepada dirinya.

"Kalau ke Surabaya, saya sering dibawakan lorjuk. Bukan yang kering, yang tumis, itu enak. Kadang-kadang dikirim ke hotel, makan di hotel," tutur dia.

Baca juga: Alat Medis Dilepas, Risma Minta Diizinkan Pegang iPhone Pantau Laporan Lurah dan Camat

Sebelumnya, sejumlah menteri dan pejabat publik juga telah menjenguk Risma secara langsung di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Mereka antara lain adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua OJK Wimboh Santoso, dan Mantan Bupati Badung, Bali, Anak Agung Gde Agung.

Kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi. Malam harinya, Risma kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan super intensif di ruang ICU.

Dari hasil diagnosis dokter yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak napas atau asma, maag akut serta kelelahan.

Risma menderita penyakit asma sejak usianya masih remaja atau belum menikah.

Saat ini kondisi Risma terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Alat-alat medis yang terpasang di tubuh Risma telah dilepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com