Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKSDA: Sungai di Aceh Timur Habitat Buaya

Kompas.com - 12/06/2019, 17:03 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh menyatakan, sungai di Desa Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, merupakan habitat buaya.

Kondisi itu juga diklaim sudah diketahui masyarakat kecamatan tersebut.

Sehingga, BKSDA akan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat dan memasang papan pengumuman di sepanjang daerah aliran sungai.

Baca juga: Dalam Sebulan, 2 Warga di Desa Ini Diterkam Buaya

 

Hal ini agar masyarakat lebih waspada saat beraktivitas di sungai itu.

“Hasil tinjauan lapangan lokasi itu memang habitat buaya dan hal tersebut sudah sangat dipahami masyarakat. Kami akan memasang papan peringatan dan imbauan pada masyarakat untuk lebih waspada,” kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji, dihubungi, Rabu (12/6/2019).

Saat ditanya perkiraan jumlah buaya di sungai itu, Sapto menduga jumlahnya terbilang banyak. Namun, dia tak bisa memastikan.

“Kami akan usulkan kegiatan inventarisasi populasi buaya di habitat-habitatnya ke kementerian,” ujar dia.

Baca juga: Jasad Warga Maluku Tengah yang Dimangsa Buaya Ditemukan Mengambang di Laut

Sebelumnya diberitakan, dalam sebulan terakhir, dua warga Desa Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, diterkam buaya.

Mereka yaitu Ismail Saleh (25) dan Matdaim (55). Keduanya menjalani perawatan medis di Puskesmas Peunaron, Aceh Timur.

Kompas TV Seorang warga Desa Ambuau Indah Kecamatan Lasalimu Selatan kabupaten Buton diterkam buaya ketika sedang berada diatas perahunya di sungai Malaoge Desa Kinapani Kecamatan Lasalimu Selatan Jumat lalu. Beruntung korban berhasil terlepas dari gigitan buaya usai ditolong anaknya, korban diterkam buaya saat menyingkirkan kayu yang melintang di sungai tiba-tiba dari arah belakang korban diterkam buaya meski sempat terseret ke dalam sungi korban akhirnya berhasil selamat dengan penuh luka dibagian tubuhnya. #Buton #BuayaLiar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com