Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kemacetan di Jalur Ajibarang-Bumiayu, Ini Jalur Alternatif Menuju Jakarta

Kompas.com - 07/06/2019, 16:23 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Disiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik ke Jakarta di jalur tengah Jawa Tengah (Jateng) ruas Ajibarang, Kabupaten Banyumas- Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Kasat Lantas Polres Banyumas AKP Himawan Aji Angga mengatakan, kendaraan dari jalur selatan akan diarahkan dari simpang Buntu (Kabupaten Banyumas) ke utara menuju Sokaraja-Purbalingga-Bobotsari- Pemalang.

Baca juga: Jalur Puncak Macet, Mulai dari Gerbang Tol Ciawi

Sedangkan kendaraan yang datang dari arah Kebumen dapat menuju Tol Pemalang dengan menggunakan jalur Gombong- Waduk Sempor-Klampok-Purbalingga-Bobotsari-Pemalang

Pemudik, lanjut Himawan, juga dapat kembali ke Jakarta melalui jalur selatan mulai dari Kebumen-Buntu-Wangon-Karangpucung, Banjar Patroman-Bandung-Jakarta.

"Untuk mengantisipasi kemacetan di simpang Ajibarang (penghubung jalur selatan dan utara), kita tempatkan petugas di simpang Waduk Penjalin, walaupun itu masuk wilayah Kabupaten Brebes, tapi kita bantu tarik dari situ, karena penyakitnya di situ," jelas Himawan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/6/2019).

Baca juga: Pemudik yang Balik ke Jakarta, Hindari Jalur Ajibarang-Bumiayu

Himawan mengatakan, Jumat ini kepadatan lalu lintas mulai terlihat di wilayah Banyumas. Namun, arus lalu lintas masih didominasi kendaraan yang menuju berbagai tempat wisata dan di pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com