Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN UIW Sumbar Jamin Listrik di Daerah Tertinggal Tak Padam Selama Lebaran

Kompas.com - 05/06/2019, 06:45 WIB
Perdana Putra,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto melihat kesiapan GIS Simpang Haru Padang, Selasa (4/6/2019)Kompas.com/PERDANA PUTRA GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto melihat kesiapan GIS Simpang Haru Padang, Selasa (4/6/2019)
PADANG, KOMPAS.com - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat (UIW Sumbar) menjamin listrik warga Sumbar tidak padam selama Idul Fitri 1440 H kecuali terjadi musibah seperti putusnya aliran listriK karena pohon tumbang atau disambar petir.

Jaminan itu diberikan setelah PLN UIW Sumbar memiliki cadangan energi sebesar 86,5 Mega Watt (MW). Saat ini, PLN UIW Sumbar memiliki pasokan dari pembangkit mencapai 677,7 MW. Sementara beban puncak hanya 591,2 MW.

"Kita jamin listrik warga Sumbar, termasuk di daerah tertinggal seperti di Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan aman selama Lebaran. Kita punya cadangan mencapai 86,5 MW," kata GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto disela-sela meninjau GIS Simpang Haru Padang, Selasa (4/6/2019).

Baca juga: PLN Bagikan Diskon Tarif Listrik Untuk Industri dan Bisnis di Periode Lebaran

Bambang mengatakan, pemeliharaan pembangkit telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan sehingga jelang lebaran tidak ada lagi dilakukan pemeliharaan rutin dan pemadaman terencana tidak akan dilakukan selama lebaran.

Bambang menyebutkan, selain cadangan yang cukup, pihaknya juga menyiagakan 154 posko disertai dengan 1.370 petugas yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat untuk mengamankan pasokan listrik sehingga masyarakat Sumbar dapat merayakan Idul Fitri dengan khusuk dan nyaman.

Baca juga: Bandara hingga Rumah Sakit di Pangkal Pinang Jadi Prioritas Pasokan Listrik Lebaran

Petugas yang dikerahkan tersebut terdiri atas pemimpin posko, petugas pengawas, dispatcher, tim pelayanan teknik (yantek) hingga operator.

“Petugas PLN dipastikan selalu standby di posko-posko. Jika terjadi musibah, mereka akan segera bertindak memperbaiki jaringan tersebut," katanya.

Selain itu, PLN juga terus memantau dan memastikan keandalan jaringan di lokasi-lokasi yang akan menjadi prioritas layanan dan lokasi vital seperti di rumah dinas gubernur, rumah dinas bupati/wali kota, kantor instalasi militer dan Polri, kantor Pemda dan rumah sakit.

Kompas TV Terobosan baru dilakukan Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri, Jawa Timur. Untuk membantu mencegah meluasnya pemanasan global, pihak pondok menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Hasilnya mereka mampu berhemat hingga Rp 60 juta setiap bulannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com