Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres dan Prindag Mamasa Sidak Sembako Kadaluarsa Jelang Lebaran

Kompas.com - 03/06/2019, 12:11 WIB
Junaedi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com – Untuk memberikan jaminan perlindungan kepada konsumen dari peredaran barang-barang kadaluarsa yang membahayakan kesehatan menjelang Lebaran, Polres dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mamasa menggelar sidak ke pasar radisional dan toko-toko swalayan di kota Mamasa Sulaweis Barat, Minggu (2/6/2019).

Selain merazia barang kadaluarsa, petugas juga memastikan harga-harga sembako tetap stabil dan tidak dipermainkan tengkulak atau mafia sembako untuk mengeruk untung secara sepihak menjelang lebaran.

Satu persatu pusat perbelanjaan di kota itu disidak petugas. Petugas memastikan harga-harga barang kebutuhan pokok yang dijual pedagang tidak melebihi harga pasar.

Baca juga: Arus Mudik, Truk Pengangkut Sembako Tetap Boleh Melintas

Setiap item barang milik toko diperiksa petugas dengan teliti termasuk memeriksa tanggal kadaluarsa termasuk kondisi kemasan barang yang dijual untuk memastikan semua barang yang dibeli konsumen tidak kadaluarsa atau higienis untuk kesehatan.

Kepala Bidang Perdangan Disperindag Mamasa Dandang mengungkapkan, petugas gabungan melakukan pemantuan kondisi pasokan dan harga sembako seperti beras, telur, bawang, minyak goreng, bumbu kue, serta sejumlah kebutuhan lainnya di pasar.

“Razia gabungan dengan polisi dilakukan untuk memastikan semua harga bahan pokok menjelang lebaran terjangkau. Serta pedagang tidak memperjual belikan barang kadaluarsa saat permintaan kebutuhan pokok meningkat tinggi menjelang lebaran,”jelas Kepala Bidang Perdangan Disperindag Mamasa, Dandang, Minggu.

Baca juga: Ramadhan, Ratusan Pemulung di Palopo Dapat Paket Sembako dari Polisi

Berdasarkan hasil pantauan petugas di lapangan, meski hampir semua jenis kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun harga sembako di sejumlah pusat perbelanjaan dan pasar tradisional mamasa dinilai masih normal dan stoknya cukup.

Hanya saja petugas masih menemukan sejumlah pedagang yang meperjual belikan barang kadaluarsa atau tidak higienis. Karena dinilai bisa mebahayakan kesehatan konsumen, barang tak layak konsumsi tersebut langsung disingkirkan dan disita petugas agar tidak diperjual belikan kembali oleh pemilik toko atau kios nakal.

Baca juga: Ganjar Temukan Makanan Berformalin Saat Pantau Harga Sembako di Pasar

Sejumlah bahan makanan kadaluarsa yang ditemukan antara lain seperti bumbu-bumbu dapur, bumbu kue, dan makanan kemasan lainnya.

Bahan makanan yang kadaluarsa tersebut diserahkan ke dinas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan. Sementara pemilik tokoh atau kios diminta agar barang tak layak konsumsi tersebut tidak lagi diperjual belikan.

Kompas TV PT Jasa Marga akan melakukan imbauan dan larangan untuk truk bersumbu lebih dari tiga, melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek. Pelarangan tersebut dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas di tol Jakarta - Cikampek saat arus mudik dan arus balik lebaran 2019. Berdasarkan aturan kementerian perhubungan, akan di lakukan saat moment arus mudik yaitu di tanggal 30 Mei hingga 2 Juni dan untuk arus balik di tanggal 8 hingga 10 juni 2019.<br /> <br /> Pelarangan truk melintas di ruas tol Jakarta - Cikampek saat momen arus balik dan arus mudik ada pengecualian bagi truk sumbu tiga ke atas kecuali truk bahan sembako dan BBM.<br /> <!--[if !supportLineBreakNewLine]--><br /> <!--[endif]-->
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com