Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Sita Ratusan Petasan Berdaya Ledak Tinggi

Kompas.com - 21/05/2019, 10:14 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com - Tim razia gabungan dari Polri dan TNI berhasil menyita ratusan petasan berdaya ledak tinggi di Pasar Kampung Gelapung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (20/5/2019) malam.

Ratusan petasan diamankan dari sejumlah pedagang yang masih nekad menjualnya, kendati sudah diberi pemberitahuan sebelumnya.

"Dari razia tim Polri dan TNI tadi malam, kami menyita ratusan petasan yang memiliki daya ledak tinggi dengan berbagai merek," ujar Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho yang dihubungi Kompas.com, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Kena Ledakan Petasan, Wajah Bocah Ini Terpaksa Dioperasi

Rizki menyebutkan, petasan berdaya ledak tinggi itu bermerek seperti ground bloming, wishting tunder, dinosaurus, corsail dan lainnya.

Selain menyita barang bukti, pihaknya juga menyampaikan imbauan agar pedagang tidak lagi menjual petasan yang bisa mengganggu kekhusyukan warga menjalankan ibadah puasa.

Menurut dia, penggunaan petasan yang biasa dijual dalam berbagai ukuran akan mengganggu keamanan dan ketertiban, bahkan bisa membahayakan warga.

Baca juga: 5 Korban Ledakan Petasan di Sukabumi Alami Luka Bakar, 1 Diantaranya Terancam Buta

Untuk menekan peredaran barang berbahaya tersebut, pihaknya akan terus melakukan penertiban dan pantauan di sejumlah lokasi atau pedagang yang biasa menjual kembang api.

Dalam razia itu dipimpin Kasat Semapta Polres Padang Pariaman AKP Rachmat dibantu Kapolsek Nan Sabaris Iptu Yusrizal serta sejumlah personil dari Koramil Nan Sabaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com