Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Korban Ledakan Petasan di Sukabumi Alami Luka Bakar, 1 Diantaranya Terancam Buta

Kompas.com - 14/05/2019, 06:47 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dua dari lima korban ledakan petasan mengalami luka pada bagian matanya terkena serpihan. Bahkan satu di antaranya kemungkinan akan mengalami gangguan pada penglihatannya.

Ledakan petasan terjadi di Jalan Terusan Stasiun Timur, Kecamatan Cikole, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (13/5/2019) pukul 16:00 WIB. Para korban dievakuasi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) R Syamsudin SH.

"Dua orang menderita luka pada matanya. Yang satu kemungkinan akan ada gangguan mata pada penglihatannya," ungkap Ketua Tim Penanganan Keluhan dan Informasi RSUD R Syamsudin SH, Wahyu Handriana kepada awak media di RSUD Syamsudin, Senin (13/5/2019) malam.

Baca juga: Petasan Meledak di Sukabumi, Lima Orang Luka-luka

Dia menuturkan pada umumnya kelima pasien mengalami luka bakar pada anggota tubuhnya. Empat pasien laki-laki dan satu pasien perempuan. Semua pasien masuk IGD sekitar pukul 16:30 WIB.

"Lukanya kecil-kecil terkena serpihan-serpihan seperti pasir tapi banyak dan ada luka bakar derajat (tingkat) dua. Kondisi pasien semuanya stabil," tuturnya.

"Dalam penanganan semua pasien ini juga akan melibatkan dokter spesialis bedah dan spesialis mata," kata dia.

Identitas pasien korban ledakan petasam yaitu Sultan (40), Herman (48), Yudi (18), Hamdan (23) dan Zakiah alias Engkay (53). Semuanya tercatat warga Kota Sukabumi.

Baca juga: Pabrik Karpet di Tasikmalaya Terbakar akibat Percikan Api Petasan

"Untuk ibu Engkay sudah pulang karena menderita luka ringan, sedangkan dua pasien terluka parah atas nama Hamdan dan Herman," pungkas Wahyu.

Petasan diangkut mobil

Diberitakan sebelumnya ledakan diduga berasal dari petasan terjadi di Jalan Terusan Stasiun Tinur, Kecamatan Cikole, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (13/5/2019) sekitar pukul 16:00 WIB.

Akibatnya lima orang dilaporkan mengalami luka pada anggota tubuhnya. Kelimanya langsung di evakuasi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin.

Informasi di tempat kejadian menyebutkan suara ledakan keras itu berasal dari salah satu mobil minivan yang parkir di bahu jalan.

Kedua mobil ini diduga kuat mengangkut berbagai jenis petasan dan kembang api. 

Baca juga: Nekad Lempar Petasan ke Markas Polda Riau, 2 Pelajar SMP Diamankan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com