Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet 3 Dimensi Manjakan Pemudik di Bandara Juanda

Kompas.com - 16/05/2019, 18:33 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya dimanjakan dengan fasilitas toilet yang akan menyisakan pengalaman berbeda untuk penggunanya.

Toilet yang disediakan didesain 3 dimensi (3D) dengan gambar latar pesona Gunung Bromo dan air terjun Toron Madura.

Tak ayal, di toilet tersebut pengunjung tidak hanya akan membuang air kecil dan air besar, namun juga akan berswafoto dengan latar belakang toilet.

Baca juga: Layanan Khusus Bandara Juanda untuk Mudik Lebaran: Beroperasi 24 Jam, Takjil Gratis hingga Toilet 3D

Meski sudah beroperasi sejak akhir 2018 lalu, namun toilet 3D itu menjadi fasilitas andalan Bandara Internasional Juanda untuk memanjakan pemudik di Lebaran tahun ini.

"Ini sekaligus promosi wisata andalan Jawa Timur," kata General Manager Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo, Kamis (16/5/2019).

Toilet 3D berada di terminal 2 (T2) kedatangan, memiliki lebar 50,73 meter persegi. Gambar Gunung Bromo untuk toilet laki-laki, dan gambar air terjun Toron Madura untuk toilet perempuan.

Di Bandar Udara Internasional Juanda sendiri, kata Heru, ada 86 toilet yang terbagi di beberapa area, yaitu 24 toilet di Terminal 1A, 28 toilet di Terminal 1B dan 34 toilet di Terminal 2.

Untuk terus menjaga kebersihan toilet, pihaknya menurunkan personel penjaga kebersihan yang terbagi dalam 3 sif per hari.

"Sehari ada 3 sif petugas yang menjaga kebersihan toilet," ujar dia.

Baca juga: Libur Lebaran, Ada 568 Jadwal Extra Flight di Bandara Juanda

Pada 2009, Bandara Internasional Juanda tercatat pernah memperoleh penghargaan dari Menteri Pariwisata dalam ajang Sapta Pesona Award.

Skor kebersihan toilet Bandara Juanda mengalahkan 19 bandara di Indonesia, seperti toilet bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan Ngurah Rai, Bali.

Selain toilet 3D, layanan khusus pemudik Lebaran di Bandara Juanda antara lain, takjil gratis, penerbangan 24 jam, posko Lebaran, hingga extra flight.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com