Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aka, Pemilik J-Queen Rp 14 Juta Kembangkan 125 Jenis Durian di Kebunnya

Kompas.com - 14/05/2019, 15:25 WIB
Irwan Nugraha,
Rachmawati

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Masih ingat dengan kehebohan durian J-Queen yang harganya termahal di Indonesia yang mencapai Rp 14 juta di Kota Tasikmalaya?

Selain berhasil menemukan varietas baru durian J-Queen, rupanya sang pemilik bernama Aka (35), asal Kawalu, Kota Tasikmalaya juga berhasil mengembangkan ratusan jenis bibit durian asal Mancangara.

"Selain durian jenis lokal, ada beberapa durian jenis luar negeri mampu dikembangkan dan sukses. Saya di kebun ada hampir 125 jenis pohon durian," jelas dia kepada wartawan, saat ditemui di gudang duriannya, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Ketika Orangutan Tapanuli di Batang Toru Makan Durian dan Petai

Aka menjelaskan, dirinya selama ini masih mampu memenuhi stok pasar karena produktifitas pohon durian di kebunnya tak terpengaruh musim. Hampir setiap bulan, ratusan jenis pohon durian miliknya selalu berbuah.

"Kalau di Aka Durian, alhamdulillah stok durian tak dipengaruhi musim. Jadi meski tak musim durian, pohon-pohon di kebun kami terus berbuah. Stok durian tiap bulan selalu ada," katanya.

Jenis durian mancanegara asal Malaysia seperti Musang King dan Thailand jenis Montong, tubuh subur serta berbuah di kebun milik pria alumni Universitas Islam Indonesia (UII), yang berada di Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya.

Bahkan, dua bulan lagi durian Musang King di kebunnya akan panen besar-besaran.

"Dua bulan lagi, akan ada panen raya durian jenis musang King. Nanti kita kasih tahu waktunya pas panen," ujar dia.

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, Kapal Pengangkut 5.000 Durian Akhirnya Ditemukan

Selama ini dirinya mampu memenuhi stok pasar swalayan hingga dua ton sekali kirim. Durian yang dikirim adalah durian berkualitas yang telah melalui pemilahan yang dilakukan para ahli dari tim Aka Durian.

"Kalau kualitas kita paling utamakan. Durian di Aka Durian dijamin keunggulannya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Kota Tasikmalaya sempat dibuat heboh oleh penjualan durian bernama J-Queen di pusat perbelanjaan Plaza Asia, yang dibanderol dengan harga Rp 14 juta per butir.

Baca juga: 5 Fakta Durian J-Queen Seharga Rp 14 Juta Per Buah, Tak Dikenal di Kendal hingga Alasan Unggul dari Mussang King

Warga yang sedang berbelanja di swalayan tersebut, penasaran dan selalu bergerombol memperhatikan durian dengan harga selangit tersebut.

Store Manager Plaza Asia Kota Tasikmalaya, Hinhin mengatakan, penjualan durian varietas baru unggulan di Indonesia ini merupakan bagian dari pemasaran durian unggulan terbesar di Priangan Timur.

"Penemu jenis durian ini adalah anak muda asli orang Kota Tasikmalaya," jelas Hinhin, kepada Kompas.com, Sabtu (26/1/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com