Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durian J-Queen Kalahkan Mussang King Malaysia Saat Kontes

Kompas.com - 26/01/2019, 14:29 WIB
Irwan Nugraha,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Durian varian unggul J-Queen yang berharga 14 juta per buah di Kota Tasikmalaya, telah mengalahkan durian Mussang King asal Malaysia saat kontes durian di Penang, Malaysia tahun 2018 lalu.

Durian J-Queen menang pada rasa dan harum hingga mengalahkan durian unggulan asal Negeri Jiran tersebut.

"J-Queen sudah kalahkan Mussang King saat kontes durian di Penang, Malaysia. J-Queen sesuai juri di sana, menang di rasa dengan kolaborasi peanuts butter. Kalau Mussang King hanya butter. Harumnya pun kalah Mussang King saat disandingkan dengan J-Queen," jelas Sudarno (43), salah seorang ahli durian asal Banyumas, yang sengaja hadir di bazar durian Plaza Asia, Kota Tasikmalaya, Sabtu (26/1/2019).

Baca juga: Ini Alasan Durian J-Queen Dijual Rp 14 Juta Per Buah

Sudarno mengatakan, durian J-Queen sejatinya telah membuat kepercayaan diri para petani durian di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa meningkat.

Apalagi, selain jenis J-Queen, terdapat durian Tai Babi asal Bangka Belitung yang harganya bahkan lebih mahal.

"Kalau harga durian J-Queen patok Rp 14 juta masih terhitung murah. Di Bangka Belitung ada durian khas di sana namanya Tai Babi bisa sampai Rp 50 juta. Bedanya, J-Queen langsung dipasarkan di market saja, kalau durian Tai Babi oleh kalangan pecinta durian," ujar dia.

Sudarno menilai, kalau Aka (32), penemu sekaligus pemilik durian J-Queen asal Kota Tasikmalaya itu sangat serius di usaha pertanian durian.

Ia mengaku kagum dengan kegigihan Aka menciptakan bibit varietas durian unggul dengan metode canggih aplikasi PH langsung dari Bangkok, Thailand.

"Aka ini sudah memiliki alat aplikasi tester PH untuk durian yang terhubung langsung ke handphone yang didapatkan ilmunya dari Thailand. Dia langsung mengawinkan durian unggulan di Indonesia untuk mendapatkan varietas berbeda yang lebih unggul. Muncullah jenis durian J-Queen," tambahnya.

Selain di Malaysia, durian J-Queen ini pun telah menjadi juara berturut-turut saat kontes durian di Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau kebunnya di Jawa Tengah jenis J-Queen awalnya. Sekarang di Tasikmalaya dan Pangandaran, J-Queen sudah ada milik Aka," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com