KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Relokasi PKL, Wali Kota Semarang Bangun GKIS

Kompas.com - 14/05/2019, 08:32 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tengah berupaya membuat Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayahnya "naik kelas" dengan membangun Galeri Industri Kreatif Semarang (GKIS).

Di tempat ini, rencananya akan disulap menjadi 'One Stop Shopping Center' untuk Kawasan Kota Lama Semarang.

Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa memadati area samping Taman Sri Gunting pun dipindahkan ke sana.

"Kini PKL telah menempati tempat yang lebih nyaman untuk berjualan," ujar Wali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi, sesuai dengan rilis yang kompas.com terima, Selasa (14/5/2019).

Mengenai fasilitas yang disediakan, lanjut Hendrar, pedagang kini dapat berjualan di ruangan yang ber-AC, ketersediaan listrik dan air yang memadai, serta pengelolaan area yang lebih baik.

Sebagai informasi, GKIS sendiri merupakan hasil inisiasi kerja sama antara Pemkot Semarang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), Kementrian Perindustrian, dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Berlokasi di Jl. Garuda No. 1 kawasan Kota Lama, Pemkot memanfaatkan salah satu gedung di Kota Lama Semarang untuk dijadikan GKIS.

"Saya optimis jika gedung GKIS dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di Kawasan Kota Lama Semarang," papar Hendrar.

Nantinya GKIS tersebut akan diisi dengan beragam produk seperti barang antik, fashion, furniture, handy craft, serta kuliner baik tradisional maupun modern.

Menurut rencana, Hendrar Prihadi sendiri yang akan meresmikan GKIS pada 25 Mei 2019 mendatang. 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com