Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pasien Penyakit Misterius di Jeneponto Dipindahkan ke Makassar

Kompas.com - 10/05/2019, 13:31 WIB
Himawan,
Rachmawati

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga warga Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan yang terkena penyakit misterius dirujuk ke Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Pemindahan dilakukan agar para dokter spesialis bisa meneliti lebih dalam jenis penyakit yang diderita warga.

Baca juga: 5 Fakta Wabah Penyakit Misterius di Jeneponto, Tewaskan 3 Warga hingga 1 Dusun Terjangkit

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso mengatakan bahwa tiga warga ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Maryam, Kabupaten Takalar.

"Kita minta dirujuk disini supaya penanganannya lebih baik. Saya minta dirawat di Infection Center," kata Bachtiar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/5/2019).

Bachtiar mengatakan tiga pasien ini sebelumnya ditangani dengan cara penyembuhan tifus. Namun, ketiganya belum membaik seperti beberapa warga lainnya yang sudah diperbolehkan pulang.

"Dari 70 orang yang demam itu, didiagnosa ada ibu hamil yang meninggal. Penanganan yang dilakukan di Takalar ini dengan penanganan tifus tapi sembuh. Ada juga yang tidak sembuh. Jadi bervariasi," imbuhnya.

Baca juga: Dilanda Penyakit Misterius, Warga Satu Desa di Jeneponto Paksa Diri Beraktivitas

Bachtiar mengatakan akan melakukan penanganan jangka panjang untuk mengatasi wabah penyakit yang beredar di Kabupaten Jeneponto, salah satunya adalah dengan penanganan air bersih.

Menurut Bachtiar, Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang mengalami krisis air bersih. Untuk itu, petugas dari Provinsi Sulawesi Selatan akan menyelesaikan irigasi di Bendungan Karangloe.

"Menurut gubernur, Jeneponto itu harus kita benahi gizinya. Makanya Bendungan Karangloe harus selesai secepatnya, supaya bisa mengairi dan tingkat kesejahteraan warga bagus," ungkapnya.

Baca juga: Dinkes Sulawesi Selatan Kumpulkan Ahli Cari Tahu Penyebab Penyakit Misterius di Jeneponto

Sebelumnya diberitakan penyakit misterius yang menjangkiti puluhan warga di Dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto membuat beberapa warga mengungsi di desa lain.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com di lapangan, ratusan warga di daerah itu juga memilih ikut rukiah massal di salah satu masjid yang ada di desa tersebut. Mereka percaya bahwa rukiah bisa menghilangkan penyakit yang menyerang warga yang hingga kini belum diketahui jenisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com