Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-pemilu, Tokoh Lintas Agama Karawang Ajak Masyarakat Tidak Mencederai Demokrasi

Kompas.com - 26/04/2019, 13:34 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sejumlah tokoh lintas agama di Karawang mengajak semua pihak tidak melakukan hal-hal yang bisa mencederai demokrasi pasca-pelaksanaan Pemilu 2019.

"Saya meminta masyarakat sabar menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU Karawang," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karawang Tajudin Nur, Jumat (26/4/2019).

"Perhitungan (suara) masih berlangsung," tambah dia.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Karawang Tajudin Noor menilai, pelaksanaan Pemilu serentak kali ini berjalan jujur, adil, aman, dan damai.

Baca juga: Sandiaga Yakin Pemilu Sudah Jujur dan Adil, Apa Kata PKS?

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, yakni KPU, Bawasku, TNI, Polri, dan pihak terkait lain.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT khususnya Kabupaten Karawang, dalam keadaan kondusif," ujar dia.

Ia mengajak masyarakat kembali bekerja sesuai bidang-bidang masing-masing. Jika ada hal-hal terkait pemilu yang kurang memuaskan, ia mengimbau untuk menempuh koridor hukum yang berlaku.

"Serahkan kepada yang berwenang," kata dia.

Baca juga: Polri Sebut Polisi yang Amankan Pemilu Sambil Gendong Anaknya Tunjukkan Dedikasi Tinggi

Hal yang sama juga diungkapkan tokoh nasrani di Karawang, Djadja S Sairin. Ia mengajak masyarakat menjaga Indonesia, dengan menciptakan suasana aman dan damai.

"Mari kita jaga Indonesia, mari kita jaga Jawa Barat. Mari kita jaga Karawang agar selalu Indonesia menjadi aman dan damai, karena kita semua bersaudara demi Indonesia yang damai," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com