Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Berpeluang Terjadi di Sulut

Kompas.com - 23/04/2019, 11:08 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi untuk dua hari ke depan, dari Rabu (24/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Ricky Daniel Aror mengatakan, ada tiga wilayah berpeluang terjadi gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter (rough sea) di Sulawesi Utara.

"Di antaranya, Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Talaud, dan Perairan Kepulauan Sangihe," ujarnya seperti dikutip dari rilis tertulis, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Awas! Badai Tropis Wallace Picu Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa hingga NTT

Menurut Ricky, tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter (moderate sea) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Barat, Laut Sulawesi bagian Tengah, Perairan Timur Bitung, dan Laut Maluku bagian Utara.

"Peringatan dini gelombang tinggi ini untuk dua hari ke depan, mulai Rabu (24/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019)," kata Ricky.

Ia mengimbau perahu nelayan maupun kapal pesiar agar memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu nelayan berisiko tinggi jika melaut dengan kondisi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Baca juga: Waspada, Gelombang Tinggi Berpotensi di Beberapa Wilayah Ini...

Lalu, kapal tongkang akan berbahaya jika melaut dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kemudian, kapal feri dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter disarankan tidak berlayar.

Selanjutnya, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar berisiko tinggi melaut jika dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut," ujar dia.

Terkait hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang meminta masyarakat waspada terhadap ancaman gelombang tinggi ini.

"Terkait laporan cuaca yang diterbitkan BMKG diimbau bagi masyarakat pengguna transportasi laut agar mewaspadai cuaca angin kencang dan gelombang pasang yang terjadi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com