Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Gubernur Papua, Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak

Kompas.com - 18/04/2019, 14:45 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Penghitungan suara di 702 TPS yang melakukan Pemilu susulan di Kota Jayapura, Papua, mulai memperlihatkan hasil untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Salah satunya di TPS 043 Argapura, Distrik Jayapura Selatan, yang menjadi lokasi pencoblosan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Di TPS tersebut Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin memperoleh 138 suara, unggul jauh dari pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang hanya mendapat 19 suara.

Lukas Enembe usai mencoblos sempat menyatakan bila untuk wilayah pegunungan Papua sudah sepakat untuk membungkus suara untuk Jokowi-Amin.

Baca juga: Alasan Keamanan, Pemilu di Kabupaten Nduga Papua Terpusat di 2 Distrik

"Komitmen bungkus di Papua sudah dilakukan, dan hampir diseluruh pengunungan. Setelah saya cek 100 persen mereka bungkus untuk memilih Jokowi," kata Enembe.

Hal serupa juga terjadi TPS 033 Argapura, Distrik Jayapura Selatan, dimana pasangan 01 memperoleh 150 suara dan pasangan 02 hanya17 suara.

Di lokasi tersebut terdapat 38 suara tidak sah.

Kemudian di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Jokowi - Amin mendapat 180 suara dan Prabowo - Sandiaga 28 suara.

Baca juga: Gubernur Papua Klaim Wilayah Pegunungan Papua Bungkus Satu Suara Untuk Jokowi

Untuk TPS 056 Kelurahan Adipura, Distrik Jayapura Selatan, Pasangan Capres Cawapres 01 mendapat 200 suara dan pasangan 02 hanya 29 suara.

Sebagai informasi, 702 TPS di Kota Jayapura yang tersebar di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan harus menggelar Pemilu susulan pada hari ini (18/04/2019) karena pada 17 April 2019 logistik Pemilu gagal terdistribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com