Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiai Ponpes Cipasung Instruksikan Santri dan Alumninya Pilih Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 12/04/2019, 00:15 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, KH A Bunyamin Ruhiat menginstruksikan kepada santri dan alumninya di mana pun berada untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 17 April nanti.

Instruksi tersebut dibuat dalam sebuah maklumat yang ditandatangi langsung KH A Bunyamin sendiri pada Kamis, 11 April 2019.

Selain menginstruksikan memilih Jokowi-Ma'ruf Amin, maklumat tersebut juga memerintahkan agar santri dan alumni Ponpes Cipasung untuk mendukung sesama alumni yang menjadi caleg di dapil masing-masing.

Selain itu, KH Bunyamin juga menginstruksikan santri dan alumni Ponpes Cipasung untuk menyukseskan pemilu dan ikut membantu menciptakan suasana kondusif pada Pemilu 2019.

Baca juga: Kiai di Bogor, Cianjur dan Sukabumi Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Salah satu keluarga KH A Bunyamin Ruhiat, Hariyadi Ahmad Satari kepada Kompas.com, Kamis (11/4/2019), membenarkan maklumat tersebut dibuat oleh pimpinan Ponpes Cipasung.

"Pak Kiai Abun (KH A Bunyamin Ruhiat) tadi membuat maklumat ini maghrib," kata Hariyadi.

Menurut Hariyadi, Ponpes Cipasung sudah sejak Pilpres 2014 mendukung Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.

"Alhamdulillah, dukungan itu akurat. Indonesia semakin brilian dipimpin jokowi," kata Hariyadi.

Ia mengatakan, Jokowi sudah melebihi standar ekspektasi dalam memimpin Indonesia.

"Kita puas dengan segala pernak-pernik prestasi Jokowi. Infrastruktur kota dan desa maju. Pertanian maju. Ekonomi tumbuh 5 persen," kata dia.

"Jokowi itu orang baik. Memanusiakan manusia. Menghadirkan program bantuan pangan nontunai agar warga tak mampu dapat menikmati beras kualitas premium," lanjut Hariyadi.

Baca juga: 40 Kiai di Banten Disebut Pindah Haluan Dukung Jokowi Sejak 2018

Ia menceritakan, Jokowi pernah berkunjung ke Pesantren Cipasung pada Ramadhan 2017 untuk silaturahmi dan shalat tarawih.

"Kami adalah saksi mata. Jokowi itu tata cara shalatnya bagus, dari mulai takbiratul ihram sampai tasyahudakhir sudah sesuai sunnah," kata Hariyadi.

Ia menuturkan, kedekatan jokowi dengan kultur pesantren layaknya hubungan keluarga.

"Jokowi itu cinta pesantren sampai sudah hafal sejarah pesantren, termasuk Ponpes Cipasung.
Bahkan hebatnya dia, memilih partner, Abah Ma'ruf Amin dari pesantren. Oleh karena itu, maklumat ini adalah ungkapan terima kasih serta gairah setia untuk membela jokowi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com