Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Akan Bentuk Unit Khusus Urus Geopark Ciletuh

Kompas.com - 10/04/2019, 16:38 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membentuk unit khusus untuk mengurus Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pembentukan unit khusus itu dinilai penting guna menjaga eksistensi Geopark Ciletuh.

Ia menuturkan, ide pembuatan unit khusus itu muncul setelah Pemprov Jabar bekerja sama dengan daerah Shizouka, Jepang yang memiliki Geopark Izupeninsula.

"Hasil kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu saya mendapatkan pemahaman Izupeninsula Geopark selangkah lebih maju meski penetapannya hampir bersamaan dengan Ciletuh," kata Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Tertimbun Longsor

Menurut Iwa, secara kelembagaan Izupeninsula Geopark lebih maju lantaran bersifat regional yang mencakup 15 di provinsi Shizouka. Padahal, Ciletuh dan Izupeninsula ditetapkan sebagai jaringan geopark Unesco secara bersamaan.

Selain itu, kata Iwa, Izupeninsula Geopark di dipimpin langsung oleh gubernur sebagai steering comittee serta multipendanaan.

"Kita baru bersifat adhoc karena sekretariat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ada perbedaan dengan Ciletuh yang satu kabupaten," tuturnya.

Baca juga: Sempat Lumpuh 18 Jam, Jalan Kawasan Geopark Ciletuh Kembali Bisa Dilalui

Perumusan unit khusus itu, sambung Iwa, akan menunggu kelembagaan adhoc geopark yang ada saat ini akan berakhir pada 1 Mei mendatang. Pihaknya mengaku sudah menugaskan Biro Perekonomian, Disparbud dan Biro Hukum untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Shizouka terkait hal ini.

"Cari format organisasi yang permanen kita akan komunikasikan dengan Pak Gubernur, kita siapkan langkah-langkah. Kita juga penganggaran di dinas ada kesinambungan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com