Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKD Sulut: Jokowi Jadi Datang di Manado, Tapi Tak Berkampanye

Kompas.com - 29/03/2019, 17:13 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dipastikan akan datang di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (31/3/2019).

Jokowi diperkirakan akan tiba di Manado sekitar pukul 17.30 Wita, namun tidak untuk berkampanye.

Kunjungan Jokowi di Manado sebagai kepala negara. Hal ini karena waktu kedatangannya sangat memepet, dan bisa melewati waktu berkampanye.

"Pak Jokowi tiba di Manado, Minggu (31/3/2019) sekitar 17.30 Wita. Namun, dari hasil rapat, kampanye tidak bisa dilakukan karena waktunya sangat mepet. Bisa jadi Pak Jokowi tiba di Manado sudah lewat waktu kampanye," ujar Sekretaris Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Sulawesi Utara, Franky Wongkar kepada wartawan dalam konferensi pers di Sekretariat TKD, Kawasan Megamas, Manado, Jumat (29/3/2019).

Baca juga: Dukungan terhadap Jokowi-Maruf, DPW PAN Maluku Sebut Itu Keputusan Pribadi

Menurut Franky, kampanye di Manado nanti akan dijadwalkan kembali.

"Kapan? Nanti kami akan koordinasi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN). Karena penentuan waktu kampanye itu diusulkan oleh TKN dan ditetapkan oleh penyelenggara. Kami di sini tugasnya adalah mempersiapkan kegiatan kampanye di daerah khususnya di Sulut," katanya.

Wakil bupati Minahasa Selatan ini menambahakan, sebenarnya TKD Sulut sudah sangat siap terkait kampanye terbuka Jokowi di Manado.

"Misalnya, soal peralatan pendukung dan memobilisasi massa. Padahal di rapat TKD, kami telah membagi masing-masing tugas bagi partai politik koaliasi di Sulut. Kita targetkan kekuatan massa yang akan kami hadirkan sekitar 30.000 sampai 40.000 peserta," katanya.

"Jumlah itu terdiri dari partai politik, relawan-relawan, dan simpatisan-simpatisan yang ada di Sulut. Tapi, hal ini tidak terlaksana karena terkendala soal waktu kampanye," lanjut Franky.

Ditanya agenda kegiatan apa saja yang akan dilakukan Jokowi di Manado, Franky mengatakan, karena itu acara kenegaraan itu ranahnya protokoler.

"Kalau soal kampanye itu urusan TKD," sebutnya.

Yang jelas, kata dia, ada kegiatan di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado, dan pihaknya akan hadir.

"Kami juga akan ke sana sesuai undangan. Dan, tetap akan bertatap muka dengan Pak Jokowi," tuturnya.

Baca juga: Di Palembang, Maruf Amin Hadiri Deklarasi Brigade Mahasiswa JKMA Dukung Jokowi

Meski tak jadi berkampanye di Manado, TKD Sulut optimistis Jokowi-Ma'ruf tetap peroleh suara terbanyak.

"Pak Jokowi meski tak jadi berkampanye, tapi Pak Jokowi yakin menang di Sulawesi Utara," kata Wakil Ketua TKD Sulut Feryando Lamaluta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com