KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Ganjar Pranowo Pastikan UNBK Hari Pertama Berjalan Lancar

Kompas.com - 26/03/2019, 11:02 WIB
M Latief

Editor

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Tengah berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri Jateng, Jalan Brotojoyo, Kota Semarang, Senin (24/3/2019). Pada kesempatan itu Ganjar mengatakan hingga saat ini belum mendapat laporan terkait adanya gangguan pelaksanaan UNBK di tingkat SMK itu.

"Di SMK Negeri Jateng ini misalnya, pelaksanaannya bagus, alatnya, komputernya cukup. Ada juga ahli di bidang IT yang mendampingi sehingga kalau ada masalah langsung ditangani," ucapnya.

Pihak Pemprov, lanjut Ganjar, sudah jauh-jauh hari mempersiapkan kelancaran pelaksanaan UNBK. Semua kekurangan pada beberapa pelaksanan UNBK tahun sebelumnya menjadi bahan evaluasi. Sejumlah sekolah sudah mempersiapkan genset untuk mengantisipasi aliran listrik terputus akibat bencana atau faktor lain.

"Saya perintahkan hari ini semua dinas, khususnya (Dinas) Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pengecekan. Semua harus standby, jangan sampai ada layanan yang kurang sehingga membuat siswa kesulitan,"  kata Ganjar.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Sulistyo mengatakan, sebanyak 1.538 sekolah SMK di Jateng sedang melaksanakan UNBK. Jumlah peserta yang mengikuti UNBK sebanyak 247.089 siswa.

Sulistyo menerangkan, untuk SMK pelaksanaan UNBK dilaksanakan pada 25-28 Maret 2019, sedangkan untuk SMA/MA dilaksanakan pada 1, 2, 4 dan 8 April. Sementara itu, UNBK pada jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan pada 22-25 April nanti.

Tahun ini semua proses ujian di SMA/SMK di Jateng berbasis komputer. Pihak Pemprov Jawa Tengah memastikan bahwa sarana prasarana telah disiapkan sejak awal.

"Memang, masih ada beberapa sekolah yang di pelosok melaksanakan UNBK di sekolah lain. Istilahnya nunut, namun itu hanya sedikit karena semua sekolah sudah kami persiapkan sejak awal," ujar Sulistyo.

Dia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan pemantauan di seluruh sekolah di Jateng yang melaksanakan UNBK. Sampai siang ini, belum ada laporan adanya gangguan pelaksanaan UNBK.

"Semoga semuanya berjalan lancar tanpa gangguan," ujarnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com